Sabtu, 25 Mei 2019

Usai KBM, SMK Fania Lanjutkan Pesantren Ramadan


Senin, 13 Mei 2019 | 22:40:55 WIB


Siswa antusias mengikuti kegiatan pesantren Ramadan di sekolah
Siswa antusias mengikuti kegiatan pesantren Ramadan di sekolah / metrojambi.com

JAMBI - Mengisi waktu selama Ramadan 1440 Hijriah, SMK Kesehatan Fania Salsabila Kota Jambi tidak hanya melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sebagaimana mestinya.

Sekolah kesehatan ini juga memperbanyak melakukan kegiatan keagamaan untuk menambah wawasan, pemahaman, serta keimanan para siswa.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMK Fania, Andi Hermanto menyebutkan, setiap hari setelah belajar, siswa mengikuti pesantren Ramadan yang diselenggarakan sekolah.

Secara berjamaah siswa melakukan beragam kegiatan keagamaan seperti Salat Dhuha, tadarusan, dan kegiatan lainnya. "Mereka melakukan kegiatan secara berkelompok," katanya, Senin (13/5/2019).

Sekolah juga memberikan kesempatan bagi siswa yang belum lancar membaca Alquran, dengan mengikuti pengajian atau bimbingan belajar menggunakan Iqra. Tujuannya, agar siswa yang saat ini belum mampu membaca dengan lancar dapat belajar dengan baik dan benar serta lancar membaca Alquran.

"Guru pembimbing kita sediakan mengajari mereka," ujarnya.

Dikatakan Andi, hal ini dilakukan sekolah untuk mengurangi aktivitas siswa yang kurang bermanfaat, sehingga siswa diberikan kesempatan memperdalam ilmu keagamaan dengan belajar di sekolah.

"Ketimbang mereka main game di HP, kita isi dengan kegiatan positif," imbuhnya.

Setelah penyampaian materi, siswa diberi kesempatan bertanya seputar kegiatan pesantren kilat, sehingga materi yang ketika dijelaskan belum dipahami dapat dimengerti.

Di samping itu, sekolah juga terus mengejar mata pelajaran karena jadwal pelaksanaan ujian semester genap sebentar lagi, sehingga nantinya para sisa tidak ada yang tertinggal pelajaran yang akan diujikan.

"Makanya KBM kita tetap berjalan meskipun tidak seperti biasanya," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments