Sabtu, 21 September 2019

Bawaslu Bungo Dituding Tak Respon Laporan


Senin, 13 Mei 2019 | 11:00:28 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MUARABUNGO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bungo dituding tidak menanggapi laporan Calon Legislatif (Caleg) Partai NasDem, terkait dugaan adanya penggelembungan suara salah satu Caleg.

Pelapor adalah Riad Alkamal. Namun laporan Caleg NasDem ini tak mendapat tanggapan dari Bawaslu. Karena tidak ditanggapi, Riad membuat laporan ke Kejaksaan dan Kepolisian Bungo.

Selain itu, ia juga melapor ke Bawaslu Provinsi Jambi dan Bawaslu RI. Tak hanya itu, Riad Alkamal juga melapor ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Riad Alkamal mengatakan, dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017, pasal 543 menyatakan setiap anggota Bawaslu Kabupaten, Bawaslu Provinsi yang dengan sengaja tidak menindaklanjuti laporan menyalahi aturan pemilu.

"Dalam pasal tersebut jelas, melanggar aturan dan dikenakan Pidana. Kami telah melaporkan ke Kepolisian, Kejaksaan dan Bawaslu RI serta DKPP," ujar Riad Alkamal.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Bungo Abdul Hamid ketika dikonfirmasi mengatakan laporan yang dibuat oleh Riad Alkamal tak memenuhi syarat formil dan materil.

"Laporan dari Divisi Hukum, laporan Caleg atas nama Riad tidak memenuhi syarat formil dan materil. Artinya tidak bisa dilanjutkan," ujar Abdul Hamid.

Ia menambahkan, laporan tidak diproses atau tak memenuhi syarat karena caleg dengan caleg. Menurut Hamid, temuan bukan penyelenggaraan Pemilu.


Penulis: Budi Prasetyo
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments