Minggu, 25 Agustus 2019

Isi Ramadan, SD 47 Kota Jambi Gelar Berbagai Kegiatan


Selasa, 14 Mei 2019 | 21:41:07 WIB


posko bantuan yang ada di SD Negeri 47 Kota Jambi
posko bantuan yang ada di SD Negeri 47 Kota Jambi / metrojambi.com

JAMBI - Menambah amaliah selama bulan Ramadan selalu dinantikan dan dikejar umat muslim di bumi, terlebih pahala yang akan diterima berlipat ganda apabila dilakukan dengan ikhlas.

Berbagai amalan yang biasa dikerjakan selama Ramadan seperti salat malam, membaca Alquran atau tadarusan serta kegiatan lainnya.

Hal inilah yang dilakukan SD Negeri 47 Kota Jambi selama memasuki Ramadan. Sekolah melakukan berbagai kegiatan keagamaan dengan mengajak para siswa untuk menambah nilai ibadah dan ketakwaan iman dalam diri.

"Sekolah akan banyak melakukan kegiatan selama bulan puasa," ungkap Kepala SD Negeri 47, Ansori, Selasa (14/5/2019).

Kegiatan dimulai dengan tadarusan dan literasi keagamaan setiap paginya yang dilakukan di halaman sekolah. Siswa membaca Alquran secara bersama-sama dan mendengarkan materi agama yang disampaikan guru pembimbing.

"Kita ajak mereka belajar agama lebih dalam selama 25 menit," paparnya.

Kegiatan tersebut diasuh dua guru yang sebelumnya telah dibekali untuk mengajari siswa dalam setiap kelasnya, sehingga siswa dapat belajar dengan maksimal dan terbimbing dengan baik. "Ada guru kelas dan satu orang guru Kelas I," katanya.

Nantinya jelang libur menyambut hari raya, sekolah akan memberikan bantuan ke berbagai panti, baik di dalam kota maupun luar Kota Jambi. "Kunjungan ke panti ini merupakan agenda rutin tahunan sekolah," paparnya.

Dijelaskannya, sejak beberapa waktu lalu, sekolah telah membuka posko bantuan. Semua siswa, orangtua bahkan masyarakat yang ingin memberikan bantuan, baik bantuan tunai ataupun barang, nantinya akan disalurkan ke posko ini. "Ini inisiatif orangtua siswa," jelasnya.

Upaya ini dilakukan sekolah untuk mengajari siswa menyisihkan uang sakunya dan diberikan kepada yang membutuhkan. "Nanti saat bantuan ini akan diberikan, siswa juga ikut," katanya.

Selain siswa, selama Ramadan guru juga memiliki program membaca Alquran setiap hari dan dalam satu bulan akan menghantamkan 30 juz.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments