Selasa, 16 Juli 2019

PSL Lapas Jambi Dipersoalkan di Pleno KPU RI


Selasa, 14 Mei 2019 | 21:58:50 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI – Rekapitulasi perolehan suara Calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres dan Cawapres), DPR RI dan DPD RI untuk daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Jambi, resmi disahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Selasa (14/5) siang.

Meski telah disahkan, hasil rekapitulasi suara yang disampaikan oleh Ketua KPU Provinsi Jambi, M Subhan bersama Devisi Teknis KPU Provinsi Jambi Sanusi, juga mendapatkan sejumlah pertanyaan baik dari saksi partai politik (parpol) maupun saksi Capres.

Komisioner KPU Provinsi Jambi, Apnizal, ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa rekapitulasi suara provinsi Jambi sudah selesai dan telah disahkan. “Alhamdulillah sudah selesai tadi jam satu siang,” katanya.

Dalam rapat pleno di KPU RI itu, kata Apnizal, pasti ada sanggahan atau pertanyaan dari saksi parpol dan Capres, terutama terkait dengan data pemilih dan pengguna pemilih, karena dianggap tidak sinkron.

“Itu pertanyaan dari saksi 02 (Prabowo-Sandi), setelah dicek dengan melihat DB yang dilakukan KPU kabupaten/kota, semuanya sudah diperbaiki, akhirnya saksi 02 bisa menerima,” kata Apnizal.

Selain itu, para saksi parpol juga mempertanyakan soal PSU dan PSL terutama di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Jambi, yang gagal karena ada kegiatan ulang tahun Lapas.

“Saksi juga mempertanyakan itu, kok Lapas menolak karena alasan kegiatan utang tahun Lapas, sementara ini kan hak konstitusi orang. Jadi banyak yang menyarankan untuk diproses terkait tindak lanjut surat Kalapas, pidana atau tidak,” sebut Apnizal.

Selain itu tambah Apnizal, banyak juga saksi dari partai seperti Gerindra, Golkar, NasDem, PSI, Demokrat, mengajukan keberatan terkait dengan selisih data pemilih, namun semua itu dapat diterangkan secara jelas berdasarkan DB1.

“Semuanya dapat diselesaikan dan dapat dijelaskan, dan hasilnya diterima oleh saksi, Bawaslu RI dan KPU RU,” ujar Apnizal. Terakhir kata Apnizal, terkait dengan partisipasi pemilih di provinsi Jambi yang cukup tinggi, ini juga menjadi pertanyaan.

Dimana partisipasi pemilih di Provinsi Jambi juga menjadi sorotan karena berada di angka 81,77 persen dan melampaui target dari 80 persen. “Ini juga sempat empat dipertanyakan, apa benar, ya memang itu benar adanya,” tandas Apnizal.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments