Selasa, 21 Mei 2019

MUI Jambi Gelar Multaqo, Ini Poin-poin Maklumat yang Disepakati


Selasa, 14 Mei 2019 | 22:15:17 WIB


/ metrojambi.com

JAMBI – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jambi, Selasa (14/5/2019) sore, menggelar multaqo atau pertemuan bersama para ulama, habaib, pimpinan pondok pesanten, cendekiawan, akademisi, lembaga adat dan tokoh masyarakat se-Provinsi Jambi.

Dalam pertemuan itu, disepakati beberapa maklumat :

1. Umat Islam agar memanfaatkan momentum bulan suci Ramadan untuk mencapai ketaqwaan yang sempurna, meningkatkan taqorrub kepada Allah SWT dan senantiasa berdoa untuk bangsa dan negara agar tetap kondusif, tenteram, aman dan damai.

2. Mempererat silaturahmi antar sesama anak bangsa, memperkokoh ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathoniyah, ukhuwah basyariyah, menjauhi saling fitnah, pertengkaran, perpecahan dan tindakan tercela lainnya serta terus saling memaafkan satu sama lain.

3. Terus meneguhkan komitmen kesetian kepada Pancasila dan UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, karena itu semua sudah sejalan dengan ajaran Islam yang kita anut.

4. Berkomitmen menjaga stabilitas keamanan, perdamaian dan situasi yang konddusif, dengan mengedepankan persamaan sebagai umat manusia yang saling bersaudara satu sama lain (ukhuwah insaniah), dan tidak mempertajam perbedaan yang bersifat kontrapoduktif.

5. Menaati peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di seluruh wilayah NKRI, sebagai pengejewantahan hubungan yang konstruktif dan penuh rasa hormat kepada pemerintah yang sah (ulil amri), karena hal ini sangat jelas diajarkan dalam Islam yang kita anut.

6. Menghindari segala bentuk provokasi, fitnah dan kekerasan serta tidak terpancing untuk melakukan aksi people power inkonstitusional. Karena tindakan inkonstitusional bertentangan dengan ajaran Islam dan dapat mengarah kepada tindakan bughot.

7. saling fastabiqul khoirot, guna meningkatkan kekuatan ekonomi umat, agar turut aktif dalam mengentaskan kemiskinan, mengatasi ketimpangan berbagai hal, serta mengejar ketertinggalan terhadap penguatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

8. Melakukan sosialisasi terhadap hasil multaqo ini, pada berbagai forum secara berkelanjutan, agar tercipta sinergitas antar ulama, habaib, pimpinan ponpes, cendekiawan muslim, akademisi, lembaga adat, dan tokoh masyarakat se-Provinsi Jambi.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments