Minggu, 9 Agustus 2020

Masjid Baiturrohman di Merangin akan Dijadikan Cagar Budaya


Selasa, 14 Mei 2019 | 11:14:49 WIB


Kondisi dalam Masjid Baiturrohman Dusun Parit Melintang Kecamatan Nalotantan
Kondisi dalam Masjid Baiturrohman Dusun Parit Melintang Kecamatan Nalotantan / istimewa

BANGKO - Masjid Baiturrohman di Dusun Parit Melintang, Desa Aur Berduri, Kecamatan Nalotantan, Kabupaten Merangin akan dijadikan cagar budaya sebagai salah satu aset tujuan wisata religi di Kabupaten Merangin.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin H. Al Haris ketika melakukan Safari Ramadan ke Masjid Baiturrohman Senin (13/5/2019) malam. ‘’Masjid ini sangat menarik dan perlu terus dipertahankan keasriannya,’’ ujar Haris.

Ia juga telah mengintruksikan Bagian Kesra Setda Merangin, untuk mendata masjid-masjid tua lainnya yang berada di wilayah Kabupaten Merangin, terlebih yang berada di dusun terpencil yang selama ini tidak terpantau.

Ditambahkan Haris, ia yakin sangat banyak terdapat masjid-masjid tua di Bumi Tali Undang Tambang Teliti Kabupaten Merangin. Keberdaan masjid tua itu tegas bupati, memang sangat perlu didata, yang selanjutnya akan dilakukan pemeliharaan.

"Masjid-masjid tua itu, nantinya setelah kita rawat dengan baik akan kita jadikan cagar budaya, sebagai tujuan wisata religi. Untuk membangun potensi wisata, tidak hanya objek wisata alam saja yang kita bangun," terang Haris.

Dikatakannya lagi, Merangin memang sangat unggul dibidang Pariwisata, tidak memiliki ratusan porensi wisata alam, tapi juga wisata religi berkunjung ke masjid-masjid tua yang tersebar di sejumlah kecamatan.

"Kita punya mimbar tua di Desa Kungkai, kita punya gedung eks pesantren di Nalotantan ini dan berbagai objel wisata religi lain yang perlu kita gali keberadaannya," pungkasnya.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Humas Merangin


comments