Minggu, 9 Agustus 2020

Kunjungi Merangin, KPK Beberkan Titik Rawan Korupsi di Pemerintah Daerah


Selasa, 14 Mei 2019 | 14:53:46 WIB


Tim KPK berkunjung ke Kabupaten Merangin
Tim KPK berkunjung ke Kabupaten Merangin / Andi Kurniawan

BANGKO - Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (14/5/2019), berkunjung ke Kabupaten Merangin. Dalam kunjungan kali ini,

KPK melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi tindak lanjut prorgram pemberantasan korupsi terintegrasi Pemerintah Kabupaten Merangin tahun 2019 bersama KPK.

Aida Ratna Zulaiha, koordinator Bagian Pencegahan Korupsi (Korsubgah) KPK RI Wilayah II Sumatera dalam kegiatan tersebut membeberkan titik-titik rawan korupsi yang sering terjadi di pemerintah daerah. Salah dalam perencanaan APBD, sering terjadinya pembagian dan pengaturan "jatah proyek".

"Begitu juga pada saat penganggaran APBD, pembahasan dan pengesahan RAPBD, biasa disebut uang ketok, dana aspirasi, dan pokir yang tidak sah," kata Aida dalam paparannya.

Selain itu, pada pelaksanaan APBD juga sering terjadi titik rawan, seperti mark-up, penurunan spek atau kualitas, dan pemotongan oleh bendahara. Sementara dititik lain, perizinan Pengelolaan pendapatan daerah, pelayanan pablik, dan proses penegakan hukum.

"Rekrutmen, primosi, mutasi, atau rotasi kepegawayan, juga menjadi titik rawan," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Merangin Al Haris mengatakan, hari ini tim KPK mendatangi tiga daerah di Provinsi Jambi. Selain Merangin, dua daerah lainnya adalah Kabupaten Bungo dsn Kota Jambi.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments