Rabu, 12 Agustus 2020

Perusahaan di Kerinci Dinilai Kurang Perhatian Pada Atlet


Selasa, 14 Mei 2019 | 22:37:47 WIB


Bupati Kerinci Adirozal
Bupati Kerinci Adirozal / dok.metrojambi.com

KERINCI - Selama ini, atlet prestasi peraih medali di Kabupaten Kerinci, hanya dapat perhatian baik akomodasi maupun bonus dari Pemerintah Kabupaten Kerinci yang dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kerinci.

Namun, tidak pernah mendapat perhatian dari sejumlah perusahaan yang ada di Bumi Sekepal Tanah Surga. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Bupati Kerinci, Adirozal, saat penyerahan bonus untuk atlet berprestasi peraih medali.

Ia menyebut, selama ini belum ada perusahaan yang memberikan perhatian maupun bantuan kepada para atlet di Kabupaten Kerinci. "Jangankan perhatian dari perusahaan, pajak sendiri sering terlambat," tegasnya.

Diakuinya, di Kerinci tidak ada perusahaan yang besar. Tentunya untuk bonus atlet hanya mengandalkan uang dari pemerintah daerah. Sementara dana dari APBD, banyak kebutuhan lain yang harus digunakan.

"Untuk itu ke depan, walaupun tidak banyak seperti perbankan, paling tidak bisa membantu untuk peraih 5 medali," ucapnya.

Atas hal tersebut, Bupati Kerinci meminta kepada KONI agar mengajukan surat kepada bupati, sehingga nantinya sejumlah perusahaan akan disurati. "KONI mengajukan surat kepada bupati, kita surati perusahaan," tegasnya.

Untuk diketahui, bonus peraih medali Porprov diberikan kepada ratusan atlet melalui APBD Kerinci. Besaran bonus diberikan untuk emas sebesar Rp 10 juta, peraih medali perak Rp 5 juta, dan perunggu Rp 2,5 juta.

Bonus atlet diberikan sebagai bentuk penghargaan dan motivasi bagi atlet, official dan pelatih Cabor untuk lebih meningkatkan prestasi kedepannya. Ardizal, Ketua KONI Kerinci berpesan kepada official, pelatih atau pengurus agar memberikan kepada yang mendapat medali tersebut sesuai dengan jumlahnya.

Pada Porprov 2018 lalu atlet Kerinci berhasil meraih 108 medali. Yang terdiri dari Cabor gayung 4 emas, pencak silat 4 emas, brigde 3 emas, tenis lapangan 4 emas, tarung sejahtera 3 emas dan lainnya  Selebihnya perak dan perunggu.

Demikian juga dengan peringkat mengalami kenaikan dari sebelumnya peringkat 9 menjadi peringkat 8. Karena ada 4 Cabor yang tidak diikuti atlet Kerinci yakni Cabor renang, drum band, sepeda sport dan judo.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments