Selasa, 11 Agustus 2020

Ini Besaran Nilai Zakat Fitrah di Kabupaten Bungo


Rabu, 15 Mei 2019 | 11:12:02 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MUARABUNGO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bungo bersama Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bungo, Majelis Ulama Indonesia (MUI), instansi terkait, serta sejumlah organisasi Islam di Kabupaten Bungo sudah menghitung dan menetapkan besaran zakat fitrah 1440H/2019.

Hasil kesepakatan bersama itu menetapkan besaran zakat fitrah yang dikeluarkan ada tiga tingkatan. Tingkatan terbagi masyarakat yang memakan jenis beras tertinggi bila diuangkan sejumlah Rp 40 ribu, beras sedang Rp 35 ribu, terendah 30 ribu.

"Memang ada diskusi masalah zakat ini karena kita mengakomodir mazhab yang ada, ada masyarakat yang membayar berupa beras dan ada juga berupa uang," kata Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Apriyanto.

Dengan ditetapkannya harga tersebut, Apri sapaan Wabup Bungo ini, mengimbau kepada masyarakat untuk segara mungkin membayarkan zakat fitrah melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang telah dibentuk di tempat tinggal masing-masing.

"Mudah-mudahan zakat fitrah yang kita keluarkan bisa memberikan kebahagiaan bagi saudara kita, baik fakir, miskin dan yang lainnya," ungkap Apri.


Penulis: Budi Prasetyo
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments