Jumat, 20 September 2019

SMP 4 Kota Jambi Kurangi Aktivitas Belajar di Luar Kelas


Rabu, 15 Mei 2019 | 15:05:53 WIB


Kepala SMP Negeri 4, Budi Yanto
Kepala SMP Negeri 4, Budi Yanto / Jainal Abidin

JAMBI- Selama Bulan Ramadhan 1440 Hijrah, kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 4 Kota Jambi tetap berjalan sebagai mana hari biasanya, para siswa mengikuti mata pelajaran sesuai jadwal yang sudah ditentukan di kelas. 

Selain itu kegiatan juga ditambah setelahnya dengan mengikuti kegiatan pesantren kilat yang diselenggarakan sekolah. Kepala SMP Negeri 4, Budi Yanto mengatakan, meskipun saat ini tengah menjalani ibadah puasa, namun tidak menganggu atau menjadi kendala dalam melaksanakan kegiatan belajar, siswa seperti biasa mengikuti kegiatan belajar di kelas sesuai guru bidang studi masing-masing.

"KBM tetap berjalan seperti biasa," katanya, Rabu (15/5).

Hanya saja selama bulan puasa, sekolah mengurangi kegiatan belajar di luar kelas atau lapangan seperti kegiatan olahraga dan lain hal sebagainnya, karena kalau dilakukan ditakutkan menganggu aktivitas puasa para siswa.

"Jadi yang biasa praktik di lapangan dialihkan materi di kelas," ujarnya.

Selain itu selama puasa kalau dipaksakan dilakukan dilapangan hasilnya tidak maksimal, para siswa bukannya mengikuti pendampingan pembelajaran, malah enggan melakukan kegiatan olahraga dilapangan.

"Menahan puasa mereka sudah lemas, apalagi disuruh olahraga," sebutnya.

Selain itu kegiatan belajar saat ini dikurangi setiap mata pelajarannya 10 menit, sehingga kegiatan belajar waktunya tidak selama biasanya dan siswa lebih awal pulang ke rumah.

" Sesuai anjuran Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi," jelasnya. Menurutnya, sejauh ini kegiatan belajar masih berjalan lancar dan para siswa tidak mengalami kesulitan, baik dari kehadiran siswa setiap harinya maupun pelaksanaan kegiatan pembelajaran.

"Siswa dengan aktif hadir ke sekolah," paparnya. Selanjutnya nantinya sekolah juga akan menghadapi ujian semester genap Juni mendatang, sehingga mata pelajaran yang saat ini belum rampung harus diselesaikan. Dan para siswa harus fokus menghadapi ujian tersebut. "Siswa harus banyak belajar di rumah," tandasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments