Rabu, 18 September 2019

Ribuan Warga Merangin Terkena ISPA


Jumat, 16 Agustus 2019 | 15:28:23 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / istimewa

BANGKO – Ribuan warga di Kabupaten Merangin diketahui terkena Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Hal ini diketahui berdasarkan pendataan yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Merangin.

Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Merangin Zamroni mengatakan, pihaknya mencatat ada 2.727 warga yang terkena ISPA. Zamroni menyebutkan, angka tersebut merupakan data dua bulan terakhir, tidak termasuk Agustus.

"Ini data terakhir pada akhir bulan Juli lalu, tidak termasuk bulan Agustus, karena belum direkap. Data ini adalah data dari 27 Puskesmas yang tersebar di Merangin," ungkap Zamroni, Jumat (16/8/2019).

Ditambahkan Zamroni, pihaknya juga telah melakukan langkah antisipasi agar tidak semakin bertambah warga yang terkena ISPA. Salah satunya dengan membagikan masker gratis kepada warga.

"Bagi yang sudah terkena ISPA, juga sudah dilakukan pengobatan. Untuk antisipasi, kita lakukan pencegahan dengan melakukan pemberian masker kepada warga," ujarnya.

"Dan jika dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya, kondisi kabut asap di Merangin tidak terlalu parah, kondisinya masih kondusif," tandasnya.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments