Selasa, 25 Juni 2019

Usulan Pemekaran Dua Kabupaten Masih Ditangguhkan Pusat


Rabu, 15 Mei 2019 | 20:44:44 WIB


Rahmad Hidayat
Rahmad Hidayat / metrojambi.com

JAMBI - Setelah direncanakan dibuka pasca Pemilu 2019 berlangsung, nyatanya hingga kini proses pengusulan pemekaran dua kabupaten baru di Jambi masih jalan di tempat. Penangguhan ini pun belum diketahui kapan bakal dibuka.
 
Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi daerah Setda Provinsi Jambi Rahmad Hidayat menyampaikan belum ada petunjuk pusat akan dibuka dalam waktu dekat. "Kemarin rencananya dibuka setelah Pilpres namun hingga kini masih begitu saja," sampainya saat dikonfirmasi, Rabu (15/5/2019).
 
Rahmad mengatakan, saat ini setidaknya ada dua daerah yang mengajukan pemekaran, Yakni daerah Kerinci Hilir dan daerah Tabir di Merangin. "Ya kalau sudah dibuka pasti pada heboh mereka, tapi sejauh ini baru proses yang kemarin saja," tuturnya.
 
Untuk sejauh ini pula, proses yang masuk memang baru proses awal yakni berkas yang sudah masuk ke Pusat, namun tetap belum bisa dimulai prosesnya karena kebijakan penangguhan. Nanti, kata Rahmad, jika penangguhan tersebut telah dibuka maka persyaratan awal ini akan dilanjutkan di pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
 
"Jadi kita sama-sama menunggu, mungkin saja bisa setelah pelantikan Presiden yang baru jika melihat situasi yang ada saat ini," sampainya.
 
Rahmad berharap kedepannya tak ada kendala berarti yang ditemui kabupaten pengusul. Karena syarat pengusulannya biasanya berkembang ditentukan oleh pusat.  

"Untuk syarat lengkapnya kita belum tahu pasti, biasanya sulit tapi kita harap bisa melanjutkan daerah baru setelah terakhir Sungai penuh di Provinsi Jambi," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments