Senin, 20 Mei 2019

Pelaku Tak Ditemukan, Razia PETI Diduga Bocor


Kamis, 16 Mei 2019 | 14:56:30 WIB


Alat dompeng yang dibakar
Alat dompeng yang dibakar / Budi Prasetyo

MUARABUNGO - Pelaku penambangan emas tanpa izin (PETI) di area Bandara Muara Bungo tak memiliki rasa jera. Dimana beberapa kali petugas melakukan razia dan membakar alat dompeng yang digunakan untuk PETI. Namun, para pelaku terus melakukan aksinya.

Secara terang-terangan dan tanpa mengenal rasa takut, pelaku PETI di Bungo menjalankan aktivitas mereka dekat dengan Bandara Muara Bungo.

Dalam upaya Pemberantasan PETI, Pemda Bungo bersama Kapolres Bungo dan Dandim 0416 Bute melakukan razia ke beberapa titik tempat PETI beraktivitas. Namun sayangnya dalam razia ini para pelaku PETI tidak berada di tempat, terindikasi jika sidak telah bocor terlebih dahulu.

Asisten II Setda Bungo Khairul Shaleh mengatakan, upaya Pemerintah Daerah dalam pemberantasan PETI terus dilakukan. Kali ini melakukan razia, membakar peralatan dan mesin dompeng di Bandara Muara Bungo, namun aktivitas PETI masih juga marak.

"Ada 8 rakit yang berhasil kita hancurkan dan kita bakar, tapi di lokasi penambang sudah hening tanpa ada ativitas, jadi hanya ada rakit dan mesinnya bisa dimusnahkan," ujar Khairul Shaleh.

Ia juga meminta pihak Bandara Muara Bungo agar bisa memantau aktivitas PETI yang masih beroperasi di sekitar runway bandara, hal itu guna untuk tidak menanggangu aktifitas penerbangan maskapai yang mendarat maupun sebaliknya.

"Jika ditemukan aktivitas PETI masih beroperasi, pihak bandara untuk melaporkan secepatnya kepada pihak pemerintah, dan pemerintah langsung berkoordinasi dengan pihak keamanan pada saat itu juga akan langsung ditindaklanjuti,"tegasnya.


Penulis: Budi Prasetyo
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments