Minggu, 22 September 2019

Sudah Ada Pertemuan, PAN Dikabarkan Pilih Ratu Munawaroh Untuk Wagub Jambi


Kamis, 16 Mei 2019 | 21:09:49 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Peta pengisian kursi Wakil Gubernur (Wagub) Jambi kini memasuki babak baru. Belakangan posisi Wagub dikabarkan akan menjadi milik Ratu Munawaroh. Sinyal mengarah ke situ makin menguat.

Nama istri mendiang mantan Gubernur Jambi, Zulkifli Nurdin, ini disebut-sebut paling berpeluang menduduki jabatan BH 2 Provinsi Jambi.

Ini seiring kabar teranyar dari internal PAN bahwa sudah ada pertemuan antara Ratu Munawaroh dengan petinggi PAN Jambi. Kabarnya pertemuan itupun atas sepengetahuan Gubernur Jambi, Fachrori Umar.

"Ya, sepertinya mengarah kesitu (wakil gubernur, red). Sudah ada pertemuan," kata salah seorang sumber Metrojambi.com yang minta namanya dirahasiakan.

Seperti diketahui, Ratu Munawaroh sendiri masuk dalam bursa Wagub. Nama Ratu bersama empat nama lainnya yaitu mantan Bupati Merangin Nalim, Wakil Bupati Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno, dan Jefri Hamas Hutagalung, serta politisi PAN, Madian Saswadi.

Sebenarnya ada satu nama lagi dari internal PAN, Rusli Kamar Siregar. Namun belakangan yang bersangkutan mundur karena terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Jambi hasil Pemilu 2019.

Sebelumnya sempat beredar bahwa ada keengganan dari Ratu Munawaroh untuk masuk bursa calon Wakil Gubernur Jambi. Namun kabar itu mentah. Ini setelah Ketua DPW PAN Provinsi Jambi, H Bakri, dikonfirmasi Kamis (16/5) sore.

Dia menyatakan bahwa masing-masing calon yang masuk bursa baik secara langsung maupun tidak langsung bersedia untuk dicalonkan sebagai Wakil Gubernur Jambi. "Ya semuanya siap,” tegas Bakri lagi.

Namun, saat ditanya siapa yang paling diunggulkan, H Bakri masih enggan menjawab hal itu. Menurut dia, lima nama ini akan dibahas dan dibawa ke partai baik di DPP PAN dan partai koalisi.

“Setelah itu baru diajukan ke gubernur,” sebutnya.

Menurutnya, dari lima nama yang diajukan itu siapa pun punya peluang.
Sejauh ini lima nama itu menurut anggota DPR RI ini belum mengerucut. “Dari kita belum,” singkatnya.

Namun dia mengaku jika nama yang disebut itu masing-masing sudah dipanggil, termasuk Ratu Munawaroh. Semuanya kata Bakri, menyatakan siap jika diajukan sebagai Wagub untuk mendampingi gubernur Fachrori Umar.

Namun lagi-lagi, Bakri mengatakan, sekarang dirinya belum bisa menyampaikan dua nama yang akan diajukan itu, karena menurutnya memang belum mengerucut. “Belum ada, nantilah kalau sudah ada,” pungkasnya.

Sebelumnya Gubernur Jambi, Fachrori Umar memastikan sosok Wagub itu akan segera diketahui publik. "Insya Allah dalam 3 bulan ini. Kalian (wartawan, red) akan tahu," tuturnya, usai acara buka bersama di rumah dinas Gubernur Jambi bersama Forkopimda, Senin (13/520/19).

Meski Fachrori tidak menyebutkan secara pasti siapa sosok yang bakal menjadi Wagub Jambi nantinya itu, dia memastikan sosok itu bakal disenangi masyarakat. "Amanlah, nanti yang berkaca mata ini," katanya sembari berseloroh dan mengarahkan pandangannya ke wartawan.

"Nantilah. Senanglah nanti. Kamu percayalah. Rahasia," ujarnya sambil tertawa.

Termasuk soal dari partai mana sosok yang bakal menjadi Wagub itu, Fachrori juga belum menjelaskan secara detail "Bocorannya pak, apakah dari PAN?" kata wartawan. "PAN..PAN," ujarnya tertawa.

"Masa seorang perempuan ndak tau," bisiknya ke awak media sembari tertawa.


Penulis: Sahrial
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments