Rabu, 18 September 2019

Kota Jambi Tertinggi 53 Ribu, Merangin 57 Ribu, Headline Harian Pagi Metrojambi Edisi Jumat 17 Mei 2019

Daerah Sudah Tetapkan Besaran Zakat Fitrah

Jumat, 17 Mei 2019 | 14:20:35 WIB


/

JAMBI – Memasuki minggu kedua puasa, pemerintah kabupaten/kota mulai menetapkan besaran zakat fitrah dalam bentuk uang dan beras yang bisa dibayarkan pada tahun ini Ramadan 1440H/2019 M. 

Di Kota Jambi, Pemerintah Kota Jambi, Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan keputusan bersama terkait besaran zakat fitrah tahun ini.

Dari surat keputusan bersama tertanggal 13 Mei 2019 yang diterima Metro Jambi, diputuskan besaran zakat fitrah di Kota Jambi berupa beras atau makanan pokok dengan takaran sejumlah 10 canting atau 2,77 Kg per jiwa. Ini merupakan hasil uji takaran 10 canting.

Untuk besaran zakat fitrah dengan uang, nilainya dibagi tiga. Yakni tertinggi Rp 53.200, menengah Rp 45.600 dan terendah Rp 38.000 per jiwa.
Pemkot dan Kemenag mengimbau pembayaran zakat fitrah dilakukan melalui unit pengumpul zakat setempat dan melaporkan hasil pengumpulan ke kantor urusan agama kecamatan untuk diteruskan ke Kemenag Kota Jambi.

Sementara di Sarolangun, Kemenag bersama MUI dan Pemda setempat juga sudah menetapkan zakat fitrah 1440 H/2019 M. Kepala Kemenag Sarolangun, H M Syatar mengatakan, bahwa sesuai hasil rapat koordinasi di kementerian agama tersebut ditetapkan beberapa hal, diantaranya Badan Amil Zakat (Petugas zakat) yang dibentuk pada masing-masing tempat agar ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala Desa/Lurah.

Pembentukan panitia amil zakat harus disahkan oleh Kepala Desa atau Lurah bertujuan agar petugas ini tidak sembarangan dan tidak bisa langsung pegawai syarak jadi petugas amil, paling tidak memiliki surat tugas dari kepala desa atau lurah.

Lalu, bagaimana dengan besaran zakat fitrahnya? katanya, untuk besaran zakat fitrah ini ditetapkan ada dua jenis pendapat dari para ulama.

Baca selengkapnya di Harian Pagi Metrojambi


Penulis: (cai/rna/acm/ndi)
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments