Sabtu, 20 Juli 2019

Kades Pematang Pauh Tak Pernah Ngantor, Ini Tanggapan Bupati Merangin


Jumat, 17 Mei 2019 | 15:03:04 WIB


Bupati Merangin, Al Haris
Bupati Merangin, Al Haris / istimewa

BANGKO - Warga Desa Pematang Pauh, Kecamatan Jangkat Timur, Kabupaten Merangin, mengeluhkan kinerja aparat desa setempat. Pasalnya, aparat desa setempat sudah bertahun-tahun tak mgantor.

Untuk diketahui, kepala Desa Pematang Pauh kini dijabat oleh Harion Efendi. Sedangkan Sekretaris Desa (Sekdes) dijabat oleh adik ipar Harion Efendi.

Ketiadaan kantor desa ditenggarai menjadi penyebab aparat Desa Pematang Pauh tidak pernah terlihat ngantor. Namun yang pastinya, tidak ngantornya aparat desa berdampak pada terganggunya pelayanan terhadap masyarakat.

Menanggapi hal ini, Bupati Merangin Al Haris mengatakan, jika tidak punya kantor desa Kades harus berupaya dan melapor ke pemerintah kabupaten untuk mencari solusinya.

"Yang penting ada usaha dari bawah dulu, Kades harus melaporkan. Itulah kelemahannya, tidak melaporkan ke kita (pemerintah daerah, red)," kata Al Haris.

Terkait pembangunan kantor desa, Haris ?mengatakan pihaknya melalui Dinas Pembedayaan Masyarakat Desa berencana mengusulkan ke pemerintah pusat.

"Kalau tidak ada solusi (dari pemerintah pusat, red) saya kira Pak Kades dan Pak Camat boleh menghadap saya untuk mengajukan ke pemerintah daerah, yang penting ada usaha dari pada mereka bawah," ujar Haris.

"Kalau tidak boleh dari dana desa kita bangun dari dana daerah, itulah kelamahnnya seharusnya mereka melapor ke kita, masa tidak ada laporan kadesnya," katanya menambahkan.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments