Minggu, 22 September 2019

Calon Wagub Jambi Mengerucut ke Ratu, Pengamat: Bisa Jadi Sekaligus Paket Pilgub


Senin, 20 Mei 2019 | 04:46:43 WIB


Ratu Munawaroh saat memberikan sambutan pada acara buka bersama DPW PAN Provinsi Jambi, Sabtu (18/5/2019)
Ratu Munawaroh saat memberikan sambutan pada acara buka bersama DPW PAN Provinsi Jambi, Sabtu (18/5/2019) / Istimewa

JAMBI - Kursi Wakil Gubernur (Wagub) Jambi dikabarkan akan menjadi milik Ratu Munawaroh. Nama istri mendiang mantan Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin itu disebut-sebut paling berpeluang menduduki jabatan Wagub Jambi.

Apalagi, Ratu Munawaroh sendiri belakangan sering hadir di beberapa kesempatan. Teranyar, Ratu terlihat hadir dalam acara buka bersama yang digelar DPW PAN Provinsi Jambi, Sabtu (18/5/2019) lalu.

Kehadirannya makin menguatkan sinyal jika Ratu bakal turun gunung dalam suksesi Cawagub yang akan segera diajukan parpol pengusung Zumi Zola-Fachrori Umar.

Pengamat politik Jambi Mochammad Farisi mengatakan, kehadiran Ratu di beberapa kesempatan tentunya merupakan sinyal kursi Cagub akan diberikan kepada istri mendiang Zulkifli Nurdin itu.

“Itu sinyal, sinyal bahwa Ibu Ratu dan dia menunjukkan kepedulian terhadap partai pasca meninggalnya Lak Zul,” kata dosen Ilmu Politik Universitas Jambi (Unja) ini.

Menurut dia, sah-sah saja jika PAN yang mencalonkan Ratu. “Sah-sah saja Ratu dicalonkan. Namun sebagai masyarakat tentu kita berharap yang punya kemampuan dan kapasitas,” ungkapnya.

Farisi juga menilai pengisian kursi Cagub secara politik juga akan berpengaruh di Pilgub nanti. “Bisa jadi berkolaborasi ini bisa untuk melanjutkan kepemimpinan di Pilgub nanti 2020 nanti. Jadi bisa jadi ini satu paket,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris DPW PAN Provinsi Jambi Khusaini mengatakan soal posisi Wagub semuanya berproses. “Semuanya masih dalam proses, termasuk dengan DPP dengan partai koalisi,” katanya.

Jadi menurutnya, hingga saat ini belum ada calon yang diajukan. Semuanya kata dia, masih sama-sama punya peluang. “Semuanya punya peluang,” ujsr Khusaini.

Soal kehadiran Ratu di acara buka bersama yang dinilai sinyal kuat bahwa Ratu akan menduduki kursi Wagub, Khusaini mengatakan kedatangan Ratu hanya sebagai kader.

“Kehadirannya hanya sebagai kader saja, dan pada kesempatan itu Bu Ratu menyampaikan permohonan maaf. Karena mungkin selama ini pak Zul ada salah, jadi mohon dimaafkan, itu saja,” tandas Khusaini.

Untuk diketahui, ada lima nama yang dijaring PAN untuk posisi Cawagub yaitu Ratu Munawarrah, Madian Saswadi, Bambang Bayu Suseno, Nalim, dan Jefri Hamas Hutagalung.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments