Sabtu, 15 Agustus 2020

Tak Lunasi BPIH, Delapan CJH Jambi Batal Berangkat


Senin, 20 Mei 2019 | 04:53:21 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Dok.metrojambi.com

JAMBI – Delapan orang Calon Jamaah Haji (CJH) Provinsi Jambi yang dijadwalkan berangkat ke tanah suci tahun ini berdasarkan nomor urut daftar tunggunya, dipastikan batal.

Pasalnya, CJH tersebut tidak melakukan pelunasan pembayaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) hingga waktu pelunasan tahap satu maupun tahap dua yang diberikan pihak Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) ditutup.

Berdasarkan hasil kroscek pihak Kanwil Kemenag terhadap CJH yang bersangkutan, diketahui mereka yang batal berangkat tersebut disebabkan beberapa masalah. Dua orang sudah meninggal dunia dan enam orang sisanya karena alasan sakit dan faktor ekonomi, sehingga menunda keberangkatan.

Kasubag Humas dan Informasi Kanwil Kemenag Provinsi Jambi M Thoif mengatakan, kedua CJH yang meninggal dunia itu berasal dari Kota Jambi dan Kabupaten Merangin.

"Kemudian enam sisanya yang ditunda dengan alasan lain, asalnya macam-macam, dari Tanjung Jabung Barat," ujarnya, Minggu (19/5/2019).

Untuk pengganti kedelapan yang batal berangkat tersebut, dijelaskan Thoif, jika yang batal karena meninggal dunia, maka dihubungi pihak ahli warisnya untuk mengajukan mengganti dengan syarat melakukan pelunasan BPIH.

"Tergantung ahli warisnya mau mengajukan atau tidak. Kecuali kalau ahli warisnya tidak siap, bisa dengan pengganti tunda," ujarnya.

Namun, lanjutnya, jika kedelapan orang tersebut memang tidak ada yang bisa berangkat, artinya yang maju untuk mengisi kuota itu adalah nomor tunggu cadangan selanjutnya yang sudah melunasi BPIH.

"Kenapa CJH cadangan itu melunasi sebelum jadwal mereka berangkat. Karena jika sewaktu-waktu ada yang batal berangkat, mereka bisa terkejar untuk masuk porsi," terangnya.

Untuk diketahui, dari data Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi mengenai proses pelunasan BPIH tahun 2019, dari total 2.899 CJH yang dijadwalkan berangkat ke tanah suci tahun ini, CJH yang belum melakukan pelunasan tahap I dan berhak melunasi pada tahap II sebanyak 223 orang. Kemudian yang melakukan pelunasan pada tahap II sebanyak 215 orang atau tersisa delapan orang.

"Ini belum masuk kuota tambahan yang 354 orang, kita belum bicara soal kuota tambahan," ujanya.

Namun untuk kuota tambahan sendiri, disebutkannya, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan siapa saja nama-nama CJH yang berhak berangkat ke tanah suci tahun ini dengan kuota tambahan itu.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments