Minggu, 25 Juli 2021

SIT Nurul Ilmi Seleksi Calon Guru Baru

Senin, 20 Mei 2019 | 07:55:29 WIB


Kegiatan belajar mengajar di Sekolah Islam Terpadu Nurul Ilmi Jambi
Kegiatan belajar mengajar di Sekolah Islam Terpadu Nurul Ilmi Jambi / Metrojambi.com

JAMBI - Sekolah Islam Terpadu (IT) Nurul Ilmi Jambi saat ini tengah melakukan penjaringan bagi calon guru baru, baik yang akan ditempatkan di jenjang TKIT, SDIT, SMPIT, maupun SMAIT Nurul Ilmi gedung I Telanaipura dan gedung II Alam Barajo.

Proses penjaringan saat ini tengah memasuki tahap praktik mengajar di kelas atau microticing. Para calon guru baru diberikan kesempatan menunjukkan kemampuan dihadapan para penilai dan siswa menyampaikan materi yang dikuasainya.

"Mereka praktik langsung mengajar di kelas," ungkap salah seorang tim penilai calon guru baru Nurul Ilmi, Tatang Suhandar, Sabtu (18/5/2019).

Dikatakannya, calon guru baru ini sebelumnya, lolos tahapan administrasi dan test tertulis. Bagi calon guru yang tidak layak langsung dinyatakan gugur dan tidak bisa mengikuti tahapan selanjutnya.

Sedangkan calon guru yang dinilai layak akan mengikuti tahapan selanjutnya hingga akhir, yakni wawancara dan kesepakatan kemampuan serta kesiapan menjadi guru di Nurul Ilmi.

"Seleksinya pemeriksaan berkas, kemampuan hapalan Alquran dan akademik," jelasnya.

Selama mengajar, calon guru ini akan dilihat kemampuan sikap, cara memberikan materi yang apik dan jelas sehingga siswa yang mendengarkan mampu menerima dengan baik serta nyaman mengikuti mata pelajaran yang sedang berlangsung.

"Calon guru harus memiliki bahan ajar yang memadai, karena poin penting penilaian," ujarnya.

Suasana belajar juga tidak boleh sepi dan monoton, sehingga siswa harus dilibatkan aktif dalam memberikan jawaban yang dilontarkan, sehingga materi dapat diserap dan digali siswa selanjutnya.

"Karena kita butuh guru berkarakter pendidikan," ungkapnya.

Ia berharap melalui penjaringan yang dilakukan, akan mendapatkan guru yang memiliki potensi dan semangat untuk terus belajar. "Kita butuh guru yang memiliki semangat belajar tinggi," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments