Minggu, 25 Juli 2021

SD Xaverius 2 Jambi Mulai Laksanakan Ujian Semester

Senin, 20 Mei 2019 | 11:52:25 WIB


Kepala SD Xaverius 2, C Mujito
Kepala SD Xaverius 2, C Mujito / Jainal Abidin/Metrojambi.com

JAMBI- Kendati jadwal pelaksanaan ujian Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi baru dimulai Juli mendatang, nampaknya sejumlah sekolah lebih awal melaksanakan ujian karena dinilai mata pelajaran selama satu semester ini sudah rampung dan menilai lebih baik dimanfaatkan untuk pelaksanaan ujian.

Seperti halnya SD Xaverius 2 Jambi, sekolah mulai melaksanakan ujian semester genap 20 hingga 25 Mei mendatang, sehingga anak- anak selama sepekan ini tidak lagi mengikuti kegiatan belajar di kelas melainkan mengerjakan soal ujian.

" Kita sudah ini ke dinas ujian lebih awal," kata Kepala SD Xaverius 2, C Mujito, Senin (20/5) kemarin. Kendati sekolah melaksanakan ujian, nantinya 25 Mei bertepatan dengan Hari Kebangkitan nasional, sekolah tetap melaksanakan upacara bendera. Baru kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan hari terakhir ujian.

"21 Mei kita pemberian rapor semester," ungkapnya. Terkait soal yang diujikan, soal dibuat oleh guru mata pelajaran masing- masing sesuai jumlah soal yang ditentukan, ada yang berjumlah 40 soal dan 50 soal disesuaikan dengan keluasan materi dan tingkat kerumitannya.

" Soal juga diseleksi dan verifikasi oleh tim," paparnya. Soal dibuat oleh guru mata pelajaran masing- masing terisi dari jumlah soal 40 sampai 50 disesuaikan dengan keluasan materi.

Dirinya menilai, kalau sekolah melaksanakan ujian serentak dengan sekolah lain, dikhawatirkan siswa tidak fokus menyelesaikan soal karena masih terbawa suasana libur panjang lebaran, dan sekolah juga beberapa waktu ke depan akan mengikuti berbagai kegiatan di luar daerah. "Kita akan mengikuti kegiatan Pramuka di Curup Bengkulu," sebutnya.

Meskipun sekolah awal melaksanakan ujian, namun untuk memulai kegiatan pelajaran tahun ajaran 2019/ 2020, SD Xaverius 2 serentak dengan sekolah lain.
"Kita mulai tahun ajaran baru sesuai jadwal dinas," tandasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments