Jumat, 6 Desember 2019

Warga Dendang Keluhkan Kualitas Air SPAM


Selasa, 21 Mei 2019 | 14:04:00 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MUARASABAK - Beberapa minggu belakangan ini warga Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) mengeluhkan pelayanan SPAM. Bagaimana tidak, air yang mengalir selalu berubah warna, sehingga warga enggan memanfaatkannya.

"Sudah sejak lama seperti itu. Namun seminggu lebih ini parahnya," kata Daryanto, warga Dendang, Selasa (21/5/2019).

Dikatakannya lagi, tidak hanya warna air yang berubah, air keruh juga mengakibatkan sejumah warga terserang penyakit gatal-gatal. Akibatnya, sebagian warga enggan menggunakan air SPAM dan memilih menggunakan air sungai.

"Ada yang gatal-gatal dan lengket mungkin itu yang buat gatal," ujarnya.

Dijelaskannya, memang secara kasat mata air SPAM cukup bersih, tetapi jika di tampung maka kondisi air langsung terlihat berubah. Bahkan jika penampungan tidak dibersihkan selama dua atau tiga hari saja penampungan akan berwarna kuning.

"Seperti karatan itu dan air seperti berminyak," ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPTD SPAM Tanjabtim Fauzan ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa dirinya juga telah mendapatkan laporan tersebut. Namun setelah dilakukan pengecekan hanya ada beberapa orang saja.

"Tidak semuanya,ada beberapa orang saja kok. Kini tengah kami cek kesalahannya di mana," ujarnya.

Menurutnya, jika kesalahan dari tempat distribusi bukan hanya satu dua orang tetapi semua wilayah mengeluhkan. Tetapi wilayah lain dengan satu sumber tidak mengalami gatal-gatal ketika menggunakan air SPAM tersebut.

"Buktinya orang satu kantor di UPTD SPAM ini pakai air itu. Tidak pula gatal-gatal," jelasnya.

Tetapi demi untuk pelayanan dirinya berjanji akan melakukan pengecekan lebih detail lagi. Sehingga tidak ada persoalan untuk pelanggan.

"Terimakasih informasi nya. Akan kita cek dengan teliti apa penyebabnya," tandasnya.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments