Jumat, 18 Juni 2021

SMA 5 Jambi Siapkan Dua Kegiatan Keagamaan

Senin, 20 Mei 2019 | 13:12:44 WIB


Harun Sohar
Harun Sohar / metrojambi.com

JAMBI - Selama memasuki Bulan Ramadhan 1440 Hijriah, SMA Negeri 5 Kota Jambi tetap menjalankan proses kegiatan belajar mengajar sebagaimana biasanya, para siswa mengikuti mata pelajaran di kelas sesuai bidang studi.

Kepala SMA Negeri 5 Harun Sohar mengatakan, selain itu sekolah juga menerapkan kegiatan Pesantren Ramadhan, mengisi kegiatam siswa sembari menjalankan ibadah puasa, sehingga sejolah memanfaatkan betul dengan kegiatan keagamaan.

"Kegiatan keagamaan SMA Negeri 5 dibagi menjadi dua," ujarnya, Senin (20/5/2019).

Lebih jelasnya kegiatan Pesantren Ramadhan dibagi dua dimaksud, siswa Muslim mengikuti kegiatan pesantren di Masjid milik sekolah dan lapangan serba guna sekolah. Sedangkan siswa non muslim mengikuti kegiatan keagamaan di kelas dengan guru pendamping keagamaan.

"Mereka sama- sama belajar memperdalam ilmu agama," imbuhnya.

Menurut kepala sekolah yang baru menyelesaikan pendidikan doktornya ini, kegiatan tersebut bertujuan membentuk karakter peserta didik, terlebih dalam menjalankan ibadah puasa yang saat ini tengah dirasakan.

"Kita ingin bulan puasa siswa memanfaatkan dengan hal positif," katanya.

Di samping itu sekolah melaksanakan ibadah Salat Tarawih setiap malamnya di masjid sekolah secara rutin, dengan pendampingan para guru di lingkungan sekolah. yasaf dan Aswin serta yang dikoordinatori Kepala SMA Negeri 5.

"Kita juga mendatangkan penceramah dari dalam dan luar sekolah," jelasnya.

Kemudian nantinya di akhir Ramadhan atau jelang libur sekolah memasuki lebaran, sekolah akan menyelenggarakan kegiatan buka puasa bersama serta bertepatan dengan pelepasan mahasiswa PKLP dari Unja.

"Momen silahturahmi yang rutin kita lakukan," tandasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments