Sabtu, 20 Juli 2019

SMP 25 Kota Jambi Gelar Tadarusan Sebelum dan Sesudah KBM


Rabu, 22 Mei 2019 | 22:03:12 WIB


Yulia Berti
Yulia Berti / metrojambi.com

JAMBI - Kegiatan membaca Alquran atau tadarusan selama bulan suci Ramadan 1440 hijriah, benar-benar dimaksimalkan SMP Negeri 25 Kota Jambi.

Setiap hari, sebelum dan setelah selesai aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas, sekolah ini melaksanakan tadarusan.

"Kegiatan tadarus ini, kita lakukan 1 jam sebelum dan setelah kegiatan belajar," ujar Kepala SMP Negeri 25, Yulia Betri, Rabu (22/5/2019).

Dikatakannya, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya sekolah untuk meningkatkan keimanan dan kelancaran membaca Alquran peserta didik.

Di samping itu, untuk mengisi kegiatan positif siswa selama memasuki bulan puasa. “Tadarus ini dilakukan setiap hari di masing-masing kelas dengan guru pendamping," jelasnya.

Selain itu, sekolah juga menyediakan bimbingan belajar bagi siswa yang belum lancar membaca Alquran, agar bisa sesuai bacaannya.

"Melalui bimbingan ini, anak-anak dapat belajar bagaimana membaca Alquran yang baik dan benar di sekolah," ungkapnya.

Menurutnya, selain sebelum KBM, setelah KBM sekolah tetap melakukan tadarus hanya saja dilakukan siswa tertentu dengan jumlah terbatas.

Sekolah juga sudah membagi siswa dalam kelompok berbeda agar bisa setiap hari melakukan tadarus. "Biar bacaan mereka makin lancar," imbuhnya.

Setelah siswa merampungkan bacaan 30 juz, pihaknya akan melakukan khatam yang juga dilakukan di sekolah jelang libur lebaran.

“Rencananya, khatam ini dibarengi kegiatan buka puasa bersama dengan keluarga besar SMP Negeri 25 dan pemberian santunan bagi anak yatim dan kurang mampu," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments