Jumat, 22 November 2019

Ikuti Pesantren Ramadan, Siswa-Siswi SMA 12 Kota Jambi Dipisah


Kamis, 23 Mei 2019 | 21:53:20 WIB


Kepala SMA Negeri 12 Kota Jambi Karmana
Kepala SMA Negeri 12 Kota Jambi Karmana / metrojambi.com

JAMBI - Mengisi waktu selama bulan Ramadan 1440 Hijrah, SMA Negeri 12 Kota Jambi menggelar kegiatan keagamaan yang dilakukan setiap hari, dengan memanfaatkan waktu selama setengah jam untuk tadarusan atau membaca Alquran.

"Tadarusan dilakukan di masing-masing kelas selama setengah jam," ungkap Kepala SMA Negeri 12 Karnama, Kamis (23/5).

Menariknya, kegiatan yang sekolah lakukan ini mengadopsi kehidupan pondok pesantren pada umumnya, yakni kegiatan santri putra terpisah dengan santri putri, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Untuk mendukung kegiatan ini, kita memanfaatkan masjid sekitar sekolah," paparnya.

Karnama mengatakan, pihaknya melakukan pemisahan kegiatan agar siswa bisa fokus mengikuti keagamaan tersebut, siswa putra dan putri tidak saling mengganggu atau memanfaatkan kegiatan tersebut dengan hal-hal negatif.

"Bisa saja kalau tidak dipisah, mereka malah pacaran di luar masjid, bisa dosa kita," imbuhnya.

Selama Ramadan, siswa diharapkan dapat menyelesaikan bacaan Alquran atau mengkhatamkan, sehingga di akhir pesantren Ramadan, sekolah bisa khataman Alquran. "Acara khataman ini, rencananya 24 Mei," ujarnya.

Di samping itu, sepanjang bulan puasa ini, pihaknya juga melakukan penggalangan dana dari warga SMA Negeri 12, baik siswa, guru, dan orangtua.

Uang ini nantinya akan diberikan kepada warga kurang mampu di sekitaran sekolah untuk meringankan beban hidup warga sekitar. "Penyerahan bantuan kita lakukan bareng khataman," ujarnya.

Sesuai tema yang diangkat sekolah, dirinya menjelaskan kegiatan pesantren Ramadan bertujuan melestarikan cendekiawan yang beriman dan bertakwa serta meningkatkan pendidikan karakter siswa dalam memperdalam ilmu agama.

"Makanya agar lebih menarik, kegiatan dilaksanakan selama 3 hari," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments