Kamis, 24 Oktober 2019

Gubernur Serahkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran Pangkal Duri

Fachrori : Jangan Lama-lama Bersedih, Segeralah Bangkit

Kamis, 23 Mei 2019 | 16:28:42 WIB


Gubernur Fachrori Umar menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran di Desa Pangkal Duri Kecamatan Mendahara, Kabupaten Tanjung Jabung Timur
Gubernur Fachrori Umar menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran di Desa Pangkal Duri Kecamatan Mendahara, Kabupaten Tanjung Jabung Timur / istimewa

MUARASABAK - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum menyerahkan bantuan bagi para korban kebakaran di Desa Pangkal Duri Kecamatan Mendahara Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kamis (23/05/2019). Fachrori berpesan dan imbau seluruh warga yang menjadi korban kebakaran tersebut supaya jangan lama-lama bersedih, dan segera bangkit.

Gubernur menghimbau warga Desa Pangkal Duri untuk bersabar, ini cobaan dari Allah AWT dan terus berdoa, agar semua keadaan lebih baik lagi, himbauan demikian disampaikannya Saat Memberikan Bantuan bagi Korban Kebakaran

Turut mendampingi Gubernur dalam peninjauan ini Bupati Tanjung Jabung Timur H. Romi Hariantoni, unsur Forkompimda Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Staf Ahli Gubernur Jambi Asraf, Kepala BPBD Provinsi Jambi Bachyuni D, Kepala Biro Kesramas Provinsi Jambi Arsyarnedi, Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Jambi Johansyah.

Gubernur menyerahkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi berupa bantuan logistik, makanan siap saji, dan perlengkapan untuk kebutuhan dasar bahan sandang dengan total nilai Rp71.737.406,- (tujuh puluh satu juta tujuh ratus tiga puluh tujuh ribu empat ratus enam rupiah). Selain itu, bantuan dana tahap pertama dari para OPD Pemerintah Provinsi Jambi, Bazda, dan Ikatan Jurnalis Provinsi Jambi (IJPJ) Provinsi Jambi senilai Rp.73.876.000.-

Gubernur menemui para korban kebakaran dan menyampaikan rasa duka terkait musibah yang melanda warga Desa Pangkal Duri dan berharap kepada korban dapat bersabar, tidak larut dalam kedukaan dan kesedihan, tidak putus harapan, namun tetap semangat, terus berdoa dan berusaha.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi dan pribadi, saya turut berduka atas musibah yang melanda warga Desa Pangkal Duri, semoga diberikan ketabahan dan kesabaran karena ini semuanya ujian dari Allah, sewaktu kejadian kami sedang melaksanakan tugas di Jakarta, karena padatnya kegiatan baru kali ini bisa saya ke Desa Pangkal Duri," ujar gubernur.

"Begitu saya mendengar kejadian ini, saya langsung memerintahkan para OPD terkait untuk segera membantu para korban bencana kebakaran tersebut. Kita jangan berlama-lama bersedih, segeralah bangkit dan kita bersama-sama bangun kembali rumah, mudah-mudahan lebih bagus lagi, mungkin dibalik ini ada hikmahnya," kata Fachrori.

Selain itu, Fachrori minta para korban kebakaran hendaknya tidak terlalu larut dalam kesedihan. Sebab, setiap kejadian mengandung hikmah. "Yang namanya hikmah datangnya pasti besok atau belakangan, yakinlah insya Allah ada rencana Allah lebih baik dan insya Allah akan ditambah dengan cara tidak kita duga,” ujar Fachrori.

Sebelumnya, Bupati Tanjung Jabung Timur, H.Romy Harianto menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran gubernur Jambi ditengah-tengah warga. “Sewaktu kejadian beliau langsung menghubungi saya melalui telpon, untuk segera diatasi secepatnya. Kami atas nama warga Tanjung Jabung Timur mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur, kehadiran beliau di sini bentuk kecintaan, perhatian, dan kepedulian beliau kepada kita semua," ungkap bupati

"Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur telah menyalurkan bantuannya dan Insya Allah dari Kementerian Sosial RI akan turun meninjau lokasi ini, kami akan usahakan setiap rumah korban kebakaran akan mendapatkan Rp30 juta dan ditambah lagi bantuan lainya," pungkas Romy.

Kepala Desa Pangkal Duri, Khalikin mengatakan, kerugian ditaksir mencapai Rp1,5 miliar karena daerah tersebut merupakan pusat ekonomi desa, terdapat gudang pengumpul pinang, kelapa, dan sawit. Khalikin mengatakan, kejadian terjadi sangat cepat dalam waktu 1 jam sudah mencapai radius 20 meter. ”Berdasarkan data yang kami catat, kerusakan rumah akibat kebakaran ada sekitar 67 Rumah hangus (rusak berat), 2 rusak sedang, dan 6 rusak ringan, serta terdapat 1 orang korban luka bakar. Terdapat 73 KK (208 jiwa) kehilangan rumahnya," pungkas Khalikin.

Sementara itu, Gubernur Jambi melalui Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jambi, Johansyah,SE,ME mengucapkan terimakasih kepada Ikatan Jurnalis Provinsi Jambi (IJPJ) yang telah berpartisipasi menyumbangkan dana kepada korban kebakaran di Desa Pangkal Duri, yang sudah diserahkan langsung kepada kepala desa Pangkal Duri. 


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Humas Provinsi Jambi


comments