Senin, 16 September 2019

PKB Juga akan Ajukan Calon Wagub Jambi, Sofyan Ali: Kita Punya Kader Potensial


Jumat, 24 Mei 2019 | 09:56:59 WIB


Sofyan Ali
Sofyan Ali / istimewa

JAMBI – Teka teki siapa yang akan menduduki kursi Wakil Gubernur (Wagub) Jambi masih tanda tanya. Pasalnya, partai koalisi pengusung Gubernur Jambi Fachrori Umar, belum mencapai kata sepakat terkait siapa yang akan menempati posisi Wagub.

Partai Amanat Nasional (PAN) memang sudah mengajukan beberapa nama dari internal partai, mulai dari Bambang Bayu Suseno, Ratu Munawaroh, Madian Saswadi, Nalim, hingga Jefri Hamas Hutagalung.

Dari nama-nama itu, nama Ratu Munawarrah disebut-sebut paling berpeluang untuk menempati posisi Wakil Gubernur Jambi. Bahkan, diprediksi paket Fachrori-Ratu Munawaroh akan kembali mencalonkan diri pada Pilgub 2020 nanti.

Tetapi langkah PAN tentu tak akan mulus. Partai koalisi tak tinggal diam atas usulan itu, terlebih usulan PAN belum dibahas di koalisi pengusung.

Partai Koalisi tak ingin hanya jadi penonton. Mereka juga ingin mengajukan kadernya untuk mendampingi Fachrori disisa masa jabatannya.

Ketua DPW PKB Provinsi Jambi Sofyan Ali menegaskan, pihaknya belum ada pertemuan atau rapat partai koalisi soal siapa yang akan diusulkan jadi Calon Wagub. Terkait nama-nama yang muncul dari kader PAN, Sofyan mengatakan, itu baru keinginan dari PAN. Belum dari partai koalisi lainnya.

"Itukan baru internal mereka, baru keinginan mereka. Dari yang lain belum, PKB juga punya kader potensial," ujarnya, Kamis (23/5/2019).

Menurut Sofyan, pihaknya sendiri sudah membahas secara internal terkait nama-nama yang bakal diusulkan partainya. "Kita masih menunggu komunikasi atau pertemuan dengan partai lainnya. Yang jelas kalau dari kita bakal mengajukan juga," tegasnya.

Berdasarkan deadline yang diberikan pihak DPRD Provinsi Jambi, pengusulan nama Wagub itu harus sudah diserahkan pada tanggal 22 Juli mendatang.

Sekretaris DPW PAN Provinsi Jambi Husaini, mengakui lima nama itu masih dibahas di internal partai. "Baru sebatas internal saja, baru diusulkan ke pusat. Masih menunggu sampai saat ini," ujarnya.

Setelah nama-nama dibahas di internal partai, kata Khusaini, baru pihaknya akan membawa nama-nama itu ke partai koalisi. Dia mengatakan, pihaknya tidak ingin buru-buru dalam memutuskan.

"Belum ada pertemuan, baru sebatas komunikasi saja. Kita tidak ingin buru-buru dalam memutuskan, kita kan cari yang matang untuk bisa membantu gubernur dalam menjalankan roda pemerintahan," ujarnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments