Rabu, 26 Juni 2019

Bawaslu Monitoring Audit LPPDK


Jumat, 24 Mei 2019 | 09:58:54 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi melakukan monitoring proses audit Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) di Provinsi Jambi.

Hal ini disampaikan oleh Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi, Fachrul Rozi. Dikatakannya, ada 16 KAP yang tengah melakukan proses audit LPPDK peserta Pemilu di Jambi. "Setiap peserta Pemilu diaudit LPPDKnya," kata pria yang akrap dengan panggilan Paul ini, Kamis (23/5/2019).

Dikatakan Paul, proses audit itu ditargetkan akan selesai pada 2 Juni mendatang. "Setelah selesai diuadit, maka akan diserahkan kembali ke KPU Provinsi Jambi," ujarnya.

Setelah itu, lanjut Paul, hasil audit LPPDK peserta Pemilu oleh KAP, akan diumumkan KPU Provinsi Jambi melalui website resminya. "Hasil audit itu akan nampak LPPDK yang wajar atau tidak wajar," imbuhnya.

Menurutnya, meski tidak ada konsekuensi yang akan diterima peserta Pemilu dari hasil audit LPPDK ini, namun semua pihak dapat melihat langsung tingkat wajar dan ketidakwajarannya.

"Kalau LPPDK ini konsekuensinya jika tidak menyerahkan saja, kalau hasil auditnya ini cuma untuk mengetahui tingkat wajar atau wajar saja," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, penyerahan LPPDK peserta Pemilu 2019 di Jambi, berakhir pada 2 Mei lalu. Namun ada 2 partai tidak menyerahkan.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments