Kamis, 18 Juli 2019

Pesantren Ramadan SMA Adhyaksa I Jambi Diisi Perlombaan dan Kunjungan ke Panti Asuhan


Minggu, 26 Mei 2019 | 21:04:19 WIB


Kepala SMA Adhyaksa I Jambi Juhaldi
Kepala SMA Adhyaksa I Jambi Juhaldi / metrojambi.com

JAMBI – Ratusan siswa SMA Adhyaksa I Jambi selama dua hari, 24-25 Mei 2019, mengikuti kegiatan pesantren Ramadan 1440 Hijriah. Kegiatan keagamaan ini yang dilaksanakan di sekolah ini untuk memberikan pemahaman peserta didik dalam ilmu agama dan menanamkan pendidikan karakter di bangku sekolah.

Kepala SMA Adhyaksa 1 Jambi Juhaldi mengatakan, pesantren Ramadan ini sengaja digelar dua hari, mengingat sekolah juga melakukan kegiatan rutinitas kegiatan belajar mengajar di kelas untuk menghadapi ujian akhir semester.

"Kegiatan pesantren Ramadan ini diisi penceramah Dr. Supian, M.Pd.I," ujarnya.

Untuk menambah semangat peserta mengikuti kegiatan ini, juga digelar berbagai perlombaan yang diikuti seluruh siswa-siswi SMA Adhyaksa I Jambi mulai dari perlombaan adzan, tilawah dan tahfidz. "Lomba dilakukan antar kelas," paparnya.

Menurutnya, di pesantren Ramadan tahun ini, sekolah menitipkan pesan agar siswa menjauhi kenakalan remaja terutama dalam penggunaan handphone yang selama ini kurang bermanfaat, sehingga menimbulkan hal-hal negatif dan merugikan diri sendiri maupun orang lain.

"Saat ini, anak- anak lebih banyak bermain game dan menonton yang tidak layak. Hal ini berpengaruh terhadap semangat dan motivasi belajar,” ungkapnya.

“Niat belajar menjadi berkurang, karena waktu lebih banyak terbuang dengan kegiatan dan melakukan aktivitas kurang bermanfaat. Kita pesan kepada penceramah untuk memberikan materi soal ini," ujarnya menambahkan.

Dikatakannya lagi, materi yang diberikan penceramah dari luar sekolah tentunya memberikan semangat dan motivasi siswa untuk meningkatkan minat belajar.

“Siswa akan senang dan bisa serius mendengarkan materi-materi yang akan menuntunnya ke masa depan lebih cemerlang. Kalau guru sudah sering menyampaikan di sekolah," sebutnya.

Selain pesantren Ramadan, sekolah juga melakukan bakti sosial dengan mengunjungi dan memberikan bantuan kepada panti yang berada di kawasan 16, Pagar Drum, Kota Jambi dan menggelar buka puasa bersama dengan membawa bekal dari rumah.

"Sumber dana santunan merupakan bantuan dan penggalangan dana di sekolah setiap hari Jumat," ucapnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments