Kamis, 18 Juli 2019

SMP-SMA Islam Al Falah Serahkan Bantuan ke Panti


Senin, 27 Mei 2019 | 22:39:06 WIB


Kepala SMP-SMA Islam Al Falah Jambi, Syihabuddin
Kepala SMP-SMA Islam Al Falah Jambi, Syihabuddin / metrojambi.com

JAMBI – Selama bulan Ramadhan 1440 Hijriah, SMP-SMA Islam Al Falah Jambi, melakukan penggalangan dan berbagi sembako berisi keperluan rumah tangga. Uang tunai dan sembako ini berasal dari lingkungan sekolah meliputi pengurus yayasan, kepala sekolah, guru, siswa dan orangtua.

"28 Mei kita akan serahkan bantuan ke panti dan masyarakat sekitar lingkungan sekolah," ujar Kepala SMP-SMA Islam Al Falah Jambi, Syihabuddin, Selasa (27/5/2019).

Syihabuddin menyebutkan, penggalangan dana dilakukan siswa- siswi melalui kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang dilakukan setiap pagi selama Ramadan.

Ini kebiasaan positif yang dilakukan setiap tahun sebagai bentuk kepedulian sekolah terhadap warga kurang mampu, baik yang tinggal di panti maupun lingkungan sekitar SMP-SMA Al Falah Jambi, Simpang Kawat Kota Jambi.

"Selama ini kita sudah menikmati, sekarang giliran mereka (yang membutuhkan, red) ikut menikmati kebahagiaan juga," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini dinilai positif dan membawa kebaikan bagi semua, tidak hanya warga yang menerima tetapi para siswa diajarkan peduli terhadap lingkungan dengan menyisihkan rejekinya untuk orang lain. "Pendidikan karakter sejak di bangku sekolah kita tanamkan," imbuhnya.

Meskipun penggalangan dana dilakukan pagi hari, tidak mengganggu aktivitas belajar siswa di kelas. Setelah penggalangan dana, siswa kembali ke kelas dan belajar sebagaimana biasanya, guna menyelesaikan mata pelajaran yang belum rampung. "Sebab pada 13 Juni mendatang anak-anak ujian semester," katanya.

Usai kegiatan belajar, dilanjutkan dengan keagamaan pesantren Ramadan dengan melakukan kegiatan salat berjamaah dan membaca Alquran atau tadarusan. "Kita juga akan buka puasa bersama sekaligus menutup semua rangkaian kegiatan pesantren Ramadan di sekolah," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments