Selasa, 25 Juni 2019

SMP 19 Kota Jambi Gelar Ujian Semester Berbasis Komputer


Selasa, 28 Mei 2019 | 21:10:09 WIB


Siswa SMP Negeri 19 Kota Jambi saat mengerjakan soal ujian
Siswa SMP Negeri 19 Kota Jambi saat mengerjakan soal ujian / metrojambi.com

JAMBI - SMP Negeri 19 Kota Jambi, sekal 25 Mei lalu melaksanakan ujian semester genap atau ujian kenaikan kelas yang diikuti siswa-siswi Kelas VII. Sedangkan siswa Kelas VIII akan memulai pelaksanaan ujian setelahnya, yakni 14 hingga 19 Juni mendatang.

"Kita melaksanakan ujian 2 tahapan, yang dimulai Kelas VII terlebih dahulu," ungkap Kepala SMP Negeri 19 Kota Jambi Nanang Sunarya, Selasa (28/5/2019).

Menurutnya, ujian ini dibagi menjadi dua tahap agar lebih efektif dan kondusif, karena sekolah melaksanakan ujian menggunakan komputer.

Tujuannya, agar siswa tidak perlu lagi membawa peralatan tulis dari rumah, karena fasilitas dan sarana prasarana yang digunakan selama mengikuti ujian telah disediakan sekolah dan keseluruhan telah lengkap.

"Ini merupakan tahun pertama kita menyelenggarakan ujian semester menggunakan komputer," jelasnya.

Untuk kesediaan komputer, sejak lama telah dimiliki sekolah, karena saat ujian nasional beberapa waktu lalu, pihaknya telah menyelenggarakan UNBK. "Kita juga pernah ujian semester gunakan android saat komputer belum terpenuhi," imbuhnya.

Selama pelaksanaan ujian, pihaknya belum menemukan kendala. Untuk ujian kali ini, sekolah membagi siswa ke dalam 3 sesi pelaksanaan, sehingga kebutuhan komputer sesuai dengan jumlah peserta yang mengikuti setiap sesinya. "Ujian selama 180 menit untuk dua mata pelajaran," katanya.

Selain itu siswa dapat mengikuti ujian dengan baik, karena tidak hanya kesediaan fasilitas yang menjadi pertimbangan sekolah, siswa juga disiapkan secara matang baik materi pelajaran maupun keahlian dalam menggunakan komputer.

"Siswa sudah kita bekali pengetahuan dengan mengikuti simulasi komputer," terangnya.

Dikatakannya, sekolah juga menerapkan disiplin tinggi selama ujian, dengan aturan melarang peserta membawa alat tulis ke dalam ruangan, untuk menghindari kecurangan. "Tas diletakkan di luar ruangan ujian," tegasnya.

Usai libur lebaran nanti, ujian akan dilanjutkan yang diikuti seluruh siswa Kelas VIII dan hasil ujian akan dibagikan 29 Juni mendatang. "Ujian Kelas VIII akan dimulai 14-19 Mei nanti," pungkasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments