Senin, 26 Agustus 2019

Karena Desakan Ekonomi, Julio Nekat Mencuri Sepeda Motor


Rabu, 17 Juli 2019 | 15:17:38 WIB


Pelaku yang berhasil diamankan
Pelaku yang berhasil diamankan / istimewa

JAMBI - Julio Syaputra (25), warga Kelurahan Tanjung Pinang, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi tak dapat berkutik saat Tim Opsnal Polsek Jelutung menangkap dirinya. Dia ditangkap karena diduga melakukan pencurian sepeda motor.

Berdasarkan informasi, penangkapan tersangka berawal dari laporan Midun (28), warga Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Paal Merah, Kota Jambi, yang melaporkan ke Polsek Jelutung, bahwasanya motor Honda nomor polisi BH 3048 ZW miliknya telah dicuri.

Midun mengaku terakhir kali memarkirkan sepeda motor itu di salah satu warnet di wilayah hukum Polsek Jelutung, namun kondisi kunci motor masih dalam keadaan terpasang. Hingga pada saat korban hendak pulang dan melihat kondisi kendaraannya sudah tidak ada lagi.

Kapolsek Jelutung, AKP Johan C Silaen, Rabu (17/7/2019), mengatakan bahwa pelaku ditangkap berdasarkan laporan polisi nomor LP/B-82/IV/2019/SPK II tanggal 28 April 2019.

"Tersangka sempat hilang beberapa waktu, dan merubah warna kendaraan serta plat nomornya," ujarnya.

Ditambahkan Johan, tersangka diamankan setelah mendapatkan informasi bahwa dirinya berada di kediaman orang tuanya. Berbekal informasi itu tim opsnal lantas melakukan pengejaran dan berhasil mengamankan tersangka.

"Kita tangkap akhir Juni kemarin di rumah orang tuanya tanpa perlawanan," ucapnya.

Sementara itu, pengakuan tersangka bahwa dirinya baru pertama kali melakukan pencurian itu karena terdesak kebutuhan ekonomi. "Saya mencuri motor untuk mencukupi kebutuhan hidup seperti makan dan bayar kosan," katanya.

Ditambahkannya, motor hasil curian itu rencananya akan dijual kepada temannya dengan harga Rp2,5 juta, namun belum sempat terjual dirinya telah ditangkap polisi.

Untuk tersangka saat ini mendekam dibalik jeruji besi sel tahanan Mapolsek Jelutung guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. Tersangka dijerat Pasal 363 ayat (1) Jo Pasal 362 KUHP dengan ancaman kurungan penjara diatas lima tahun.


Penulis: Novri
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments