Senin, 16 Desember 2019

Jambi Raih Tiga Penghargaan Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional


Rabu, 17 Juli 2019 | 16:38:26 WIB


Hamdan, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi
Hamdan, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi / istimewa

JAMBI - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Jambi telah menghadiri acara Hari Koperasi Nasional ke-72 di Kabupaten Banyumas, Purwokerto, Jumat (12/7/2019) lalu.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi Hamdan mengatakan, dalam acara Harkopnas tersebut, Provinsi Jambi mendapatkan penghargaan koperasi berprestasi di tingkat nasional.

"Terdapat tiga koperasi berprestasi dari Jambi di tingkat nasional yaitu koperasi Karya Murti Bungo, koperasi Karya Jaya Tanjab Barat, dan KUD Sumber Makmur Batanghari," ujarnya, Rabu (17/7/2019).

Hamdan menyampaikan, dalam penghargaan koperasi berprestasi di tingkat nasional Provinsi Jambi merupakan yang terbanyak dibandingkan daerah lainnya di Sumatera.

"Jambi paling banyak karena tiga koperasi yang berprestasi, sedangkan daerah lain paling banyak dua dan ada yang tidak ada," sampainya.

Ia menyebutkan, sebelumnya Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi mengusulkan lima koperasi. Akan tetapi, yang diterima hanya tiga di tingkat nasional. "Tiga koperasi yang berprestasi tersebut adalah koperasi simpan pinjam," tuturnya.

Menurut Hamdan, koperasi yang berprestasi tersebut dinilai wajar dan layak mendapatkannya karena telah lengkap dan termasuk koperasi sehat yaitu Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu dan memiliki sertifikat koperasi.

Selanjutnya, peringatan Hari Koperasi tingkat Provinsi Jambi sendiri, nantinya direncanakan akan diselenggarakan di Kabupaten Bungo pada 6 Agustus mendatang. "Nantinya acara ini akan diikuti oleh beberapa orang KUD dari kabupaten/kota dan juga OPD terkait," sebutnya.

Hamdan mengatakan Harkopnas ini bertujuan memperlihatkan berbagai hasil yang telah dicapai oleh pemerintah Provinsi daerah maupun perusahaan-perusahaan swasta BUMN dan BUMD serta instansi terkait lainnya, dalam rangka membina dan menjalin kemitraan dengan koperasi dan UKM khususnya Provinsi Jambi.

"Melalui even ini pula diharapkan masyarakat menjadi lebih menyadari pentingnya kehadiran koperasi untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan serta merupakan momentum tahunan sebagai upaya secara terus-menerus mempromosikan koperasi Nasional," pungkasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments