Jumat, 19 Agustus 2022

UPTD Pengawasan Tenaga Kerja Wilayah I Jambi Terima 6 Aduan Terkait THR

Jumat, 31 Mei 2019 | 14:59:12 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Beberapa hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, UPTD Pengawasan Tenaga Kerja Wilayah I Dinas Tenag Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jambi sudah menerima 6 aduan terkait Tunjangan Hari Raya (THR), dimana 3 diantaranya sudah di selesaikan.

Kepala UPTD Pengawasan Tenaga Kerja Wilayah I Disnakertrans Dodi Haryanto mengatakan, sesuai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 06 tahun 2016, perusahaan wajib mengeluarkan THR nya kepada para karyawan, paling lambat 7 hari sebelum lebaran atau Hari Raya Idul Fitri.

"THR tersebut diberikan dalam bentuk uang dan tidak boleh dalam bentuk barang," sampainya, Jumat (31/5/2019).

Dodi menyebutkan, 6 aduan itu berasal dari Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, dan Kabupaten Batanghari. Oleh karenanya, dia mengimbau kepada seluruh perusahaan untuk membayarkan hak-hak pekerja, termasuk THR.

"Terlebih dalam rangka Idul Fitri ini. Karena dengan dibayarkannya THR maka rasa memiliki dari karyawanpun akan semakin tinggi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial Disnakertrans Provinsi Jambi Zulpan mengatakan, bagi perusahaan yang tidak melaksanakan kewajibannya tersebut, jika ada yang melaporkan dapat dikenai sanksi. Baik sanksi administrasi maupun sanksi denda.

"Kalau ada laporan, kita akan tindak lanjuti dulu melihat fakta di lapangan. Apakah perusahaan yang bersangkutan benar-benar tidak mampu atau alasan lain. Kalau perusahaan itu benar-benar bangkrut, ya kita mediasi mungkin ada upaya lain," pungkasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments