Senin, 4 Juli 2022

Pantau Harga Pangan Jelang Idul Fitri, Kapolda Janji Tindak Oknum yang Lakukan Permainan

Minggu, 02 Juni 2019 | 10:12:02 WIB


Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS
Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS / Istimewa

JAMBI - Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS, Minggu (2/6/2019) pagi, turun ke Pasar Angsoduo, Kota Jambi dalam rangka memantau ketersediaan dan harga pangan jelang Idul Fitri 1440 H.

Kapolda melakukan pemantauan bersama Gubernur Jambi Fachrori Umar, Danrem 042/Gapu Kolonel Arh. Elphis Rudy, Direktur Reskrimsus Kombes Pol Thein Tabero, Kabid Humas Kombes Pol Kuswahyudi Tresnadi, Kabid Propam AKBP Julian Muntaha, Kapolresta Jambi Kombes Pol Dover Christian, serra Satgas Pangan dan Disperindag Provinsi Jambi.

"Sejauh ini harga stabil. Kalaupun ada kenaikan tidak terlalu signifikan," ujar Muchlis.

Kapolda Jambi mengatakan pemantauan dilakukan untuk memastikan ketersediaan stok pangan mencukupi jelang Idul Fitri. Selain itu, juga untuk memastikan harga agar tidak mengalami lonjakan.

Kapolda berjanji jika ditemukan oknum yang memainkan harga atau menimbun barang, maka akan dilakukan tindakan tegas sesuai dengan Undang-Undang No 18 tahun 2012 tentang pangan dan Undang-undang No 7 tahun 2014 tentang perdagangan.

Karena momen seperti lebaran terkadang dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk memainkan harga di pasaran. Jika sudah demikian maka masyarakat yang dirugikan akibat naiknya harga barang.

Hal senada juga disampaikan Gubernur Jambi Fachrori Umar. Menurut Fachrori, sejauh ini harga pangan di Pasar Angsoduo masih normal.

"Sejauh ini masih stabil. Tidak ada lonjakan berarti," ujar Fachrori.

Sementara iti, hasil pemantauan Satgas Pangan, harga cabai merah mengalami kenaikan menjadi Rp 50 ribu per kilogram, yang dipengaruhi ketersediaan stok. Sedangkan harga daging masih normal, Rp 130 ribu per kilogram.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments