Selasa, 20 Agustus 2019

Polres Tebo Tangkap Tiga Tersangka Pembunuhan Berencana, Salah Seorang Diantaranya Kepala Desa


Selasa, 04 Juni 2019 | 14:54:04 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tebo berhasil mengungkap kasus penemuan mayat Handra bin Taher alias Engga (30), warga RT 07 Dusun Bukit Bulan, Desa Pemayungan, Kecamatan Sumay, Sabtu (25/5/2019) lalu.

Dari hasil penyelidikan, Hendra diketahui merupakan korban pembunuhan. Tiga orang tersangka terkait kasus ini juga berhasil ditangkap di lokasi berbeda.

Yang cukup mengagetkan, salah seorang tersangka yang ditangkap adalah Syaharudin alias Kades (37), yang merupakan Kepala Desa Pemayungan, Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo.

Semenara itu dua tersangka lainnya adalah Dedi Sihombing alias Desi (42), warga Labuhan Batu, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), dan Wayan Budiane alias Wayan (46), warga Desa Pemayungan, Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo.

Data yang diperoleh metrojambi.com, penangkapan bermula pada tanggal 29 Mei 2019, Tim Sultan Polres Tebo mendapat informasi dari informan tentang keberadaan tersangka Dedi Sihombing di daerah Labuhan Batu, Sumut.

Kemudian Tim Sultan yang dipimpin Kasat Reskrim Polres Tebo AKP Hendra Wijaya Manurung, langsung berangkat menuju kediaman tersangka di Jalan Padat Karya, Ujung Bandar, Rantau Selatan, Labuhan Batu.

Saat Tim Sultan datang didapati rumah tersebut hanya ditempati oleh ibu tersanga, dan menerangkan bahwa tersangka sudah tiga hari pergi dari rumah dengan membawa tas berisi pakaian.

Meski tersangka belum didapatkan, Tim Sultan tetap melakukan penyelidikan di daerah Rantau Parapat selama dua hari dengan dibantu oleh anggota Opsnal Satuan Reserse Narkoba Polres Labuhan Batu.

Pada tanggal 1 Juni 2019 pukul 03.00 WIB, Tim Sultan Polres Tebo bersama Satresnarkoba Polres Labuhan Batu berhasil mengamankan tersabgja Dedi Sihombing yang berada di rumah temannya di daerah Kampung Baru 2, Rantau Parapat.

Setelah mengamankan tersangka Dedi Sihombing, bergegas Tim Sultan kembali ke Tebo untuk melakukan pengembangan dan penangkapan terhadap dua orang tersangka lainnya.

Kemudian tanggal 2 Juni 2019 sekira pukul 01.30 WIB, Tim Sultan yang dipimpin Kasat Reskrim langsung melakukan penangkapan terhadap Wayan Budiane dan Syaharudin. Keduanya ditangkap di kediaman Syaharudin di Desa Pemayungan.

Guna proses lebih lanjut, saat ini ketiga tersangka diamankan di Polres Tebo. Pihak kepolisian juga masih terus menggali keterangan dari ketiga tersangka.

"Terhadap tersangka diterapkan pasal 340 KUHPidana subsidair pasal 338 KUHPidana jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana," ujar Kasat Reskrim Polres Tebo AKP Hendra Wijaya Manurung, Selasa (4/6/2019).


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments