Minggu, 12 Juli 2020

Tiga Pesan Gubernur Jambi Pada Momen Idul Fitri 1440 H


Rabu, 05 Juni 2019 | 12:57:05 WIB


Gubernur Jambi Fachrori Umar
Gubernur Jambi Fachrori Umar /

JAMBI – Bersama ribuan masyarakat, Gubernur Jambi Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum dan istri, Hj. Rahima Fachrori, Rabu (5/6/2019) pagi, menunaikan Salat Idul Fitri 1440 H/2019 M di Masjid Agung Al-Falah Jambi. Tampak masyarakat memenuhi Masjid Agung Al-Falah, bahkan, halaman masjid juga penuh dengan masyarakat yang dengan antusias menunaikan Salat Idul Fitri.

Dalam sambutan singkatnya, Fachrori menyampaikan 3 pesan kepada masyarakat Provinsi Jambi. Pertama, untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan. Fachrori menegaskan bahwa persatuan dan kesatuan harus dijunjung tinggi, dan untuk itu, semua kalangan harus menjauhkan isu-isu yang tidak benar.

Kedua, mesabaran dan tawakal dalam menghadapi seluruh permasalahan dan tantangan hidup, baik yang dihadapi negara Indonesia maupun yang dihadapi Provinsi Jambi. Ketiga, meningkatkan usaha dan ikhtiar, untuk meningkatkan kualitas hidup.

Fachrori sangat mengapresiasi kinerja aparat kepolisian dan TNI yang dengan kerja keras, kondisi Provinsi Jambi aman dan kondusif, masyarakat bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan memasuki Idul Fitri dengan aman.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Provinsi Jambi, saya mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Polri dan TNI,” ujarnya.

Dikatakannya lagi, saling memaafkan merupakan hal yang sangat penting dan mengajak masyarakat untuk saling memaafkan.

“Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Provinsi Jambi dan atas nama keluarga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H, mohon maaf lahir dan bathin,” tutup Fachrori.

Usai Salat Idul Fitri, dalam sesi wawancara, gubernur mengajak masyarakat untuk hidup rukun dan menegaskan bahwa umat Muslim bersahabat dengan seluruh agama, gubernur kembali mengajak masyarakat untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan, dengan dasar Pancasila dimana Ketuhanan merupakan yang pertama.

Pengurus Masjid Agung Al-Falah Jambi mengumumkan, ada 1.475 orang yang memberikan zakat fitrah dengan uang dengan nilai Rp66.649.400, zakat fitrah dengan beras 415 Kg, zakat mal Rp21.200.000, infaq Rp4.158.890, jadi total Rp94.128.500. mustahiq yang menerima zakat 823 orang.

Setelah khutbah disampaikan oleh Dr. H. Abdul Ghaffar, MA (dosen UIN Sultan Thaha Jambi), gubernur dan istri, Sekda Provinsi Jambi Drs. H. M. Dianto, M.Si bersalam-salaman dengan masyarakat, sekaligus mengundang masyarakat untuk menghadiri Open House Gubernur Jambi di rumah dinas gubernur Jambi, jam 09.00 – 12.00 WIB.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments