Senin, 3 Agustus 2020

Bupati Romi Sembelih 7 Sapi, Sebar Ribuan Sembako dan Kain Sarung


Selasa, 04 Juni 2019 | 22:04:52 WIB


/ Metrojambi.com

MUARASABAK - Menyambut Idul Fitri 1440 H, Romi Hariyanto menyembelih 7 ekor sapi untuk dibagikan ke kaum duafa. Tak hanya sapi, Bupati Tanjung Jabung Timur itu juga membagikan ribuan paket sembako dan kain sarung.

Tujuh ekor sapi dipotong Senin (3/6) pagi di kediaman orangtua Romi, H Hasan Ismail, di Muara sabak. Dari total tujuh sapi itu berhasil dikumpulkan sedikitnya 850 kg daging dan tulang.

Staf Romi, Ferry Saputra, menjelaskan dari 7 ekor sapi itu ada 2 ekor yang beratnya 200 kg lebih. Sedangkan sembako diberikan selain kaum duafa juga kepada tenaga honorer lingkup kabupaten. 

“Sembako tahun ini ada lima ribuan, kain sarung tiga ribu lima ratus,” ujar Ferry merinci.

Sedekah daging sapi untuk tahun ini khusus untuk kelurahan Muara sabak Ilir, Muara Sabak Ulu, dan sekitarnya.

Saban tahun memang keluarga besar Romi membagikan beragam paket kebutuhan lebaran. Hal itu dimaksudkan untuk meringankan beban warganya, khususnya kaum duafa, fakir dan yatim piatu.

Dalam berbagai kesempatan, Romi kerap memotivasi para pejabatnya untuk memperhatikan warga miskin dan yatim piatu. Bahkan ia menganjurkan setiap pejabat punya warga binaan untuk menekan angka kemiskinan dengan langkah nyata.

Romi juga diketahui cukup intensif mengembangkan dakwah keagamaan. Selain mendirikan pondok pesantren khusus penghafal Alquran, Romi juga beberapa tahun terakhir membiayai sejumlah orang untuk umroh bersamanya dan keluarga.

Tak ketinggalan awak media dan ormas yang biasanya diundi saat Ramadhan. Sejumlah imam masjid dan tokoh masyarakat sudah pernah dibiayai umroh bersama.

“Kalau umroh biasanya Bapak setiap tahun mengajak sedikitnya 15 sampai 25 orang. Itu di luar keluarga,” kata Ferry.

Tahun ini yang beruntung dibiayai umroh adalah Ari Suryanto dari LSM Foksmades dan Ridwan pengurus ormas Pemuda Pancasila. Tahun sebelumnya ada Rustam Hasanuddin dari infojambi.com dan Muhammad Iyan dari surat kabar mingguan.

Dikonfirmasi soal kebiasaannya ini, Romi enggan menjawab. Ia hanya tersenyum sambil berlalu. “Tidak untuk diekspose,” ujarnya singkat.


Penulis: Nanang Suratno/*
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments