Sabtu, 4 Juli 2020

Lebaran Hari Pertama, Pembesuk Padati Lapas Klas IIA Jambi


Rabu, 05 Juni 2019 | 14:07:46 WIB


Petugas Lapas Klas IIA Jambi saat memeriksa barang bawaan pembesuk
Petugas Lapas Klas IIA Jambi saat memeriksa barang bawaan pembesuk / Metrojambi.com

JAMBI - Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu setiap umat muslim untuk berkumpul bersama keluarga, Bahkan para perantauan rela bermacet-macetan mudik ke kampung halaman, hanya untuk menikmati momen berkumpul bersama keluarga tercinta.

Tidak terkecuali bagi mereka yang mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) atau Rumah Tahanan (Rutan) akibat terjerat kasus hukum.

Seperti yang terpantau di Lapas Klas IIA Jambi. Usai salat Idul Fitri 1440 Hijriah, seribuan orang silih berganti datang ke Lapas Klas IIA Jambi untuk membesuk anggota keluarga dan kerabat mereka yang ditahan.

Banyaknya pembesuk yang datang membuat belasan petugas Lapas tampak sedikit kewalahan dalam mengatur posisi para pembesuk.

Sebagian diantara mereka bahkan terpaksa duduk di emperan atau tembok pembatas taman. Mereka pun tampak maklum sebab yang terpenting adalah dapat bertemu dengan anggota keluarga atau kerabat yang mendekam di lapas.

Di luar pintu gerbang utama Lapas, puluhan pengunjung lain terpantau antre menunggu giliran. Memang pihak Lapas tetap memberlakukan shift untuk jam besuk.

Dari pantauan metrojambi.com, sejumlah aparat berwajib yang dibekali persenjataan lengkap turut andil dalam mengamankan sekitaran Lapas klas IIA Jambi. Lahan-lahan parkir baik roda dua dan empat tampak full akibat ramainya pembesuk di hari pertama Idul Fitri 1440 hijriah.

Setelah mendapat giliran masuk, semua barang bawaan pembesuk mulai dari tas, makanan dan lainnya digeledah satu persatu guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Berdasarkan informasi yang dihimpun jam besuk dimulai pukul 09.00 hingga pukul 14.00 WIB.


Penulis: Cr1
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments