Sabtu, 11 Juli 2020

Arus Mudik di Sarolangun dan Tebo Lancar


Minggu, 09 Juni 2019 | 21:23:38 WIB


Arus mudik di Kabupaten Tebo terpantau lancar dan aman
Arus mudik di Kabupaten Tebo terpantau lancar dan aman / metrojambi.com

SAROLANGUN - Arus mudik dan arus balik lebaran idul fitri di Kabupaten Sarolangun aman terkendali. Untuk pelayanan dan keamanan, Polres Sarolangun mendirikan empat Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan seperti di Kecamatan Mandiangin, Pauh yang keduanya merupakan yang ramai dilalui pemudik yang melintas arah Sarolangun-Tembesi.

Kemudian tiga pos lainnya berada di Jalan Lintas Sumatera yang masing-masing akan didirikan di Kecamatan Bathin VIII, Kecamatan Singkut dan di Kota Sarolangun.

Pos pelayanan dan pos pengamanan ketupat ini banyak disinggahi pemudik. Selain beristirahat, pemudik juga merasa nyaman dengan pelayanan dan pengamanan yang diberikan sepanjang arus mudik khususnya di wilayah hukum Polres Sarolangun.

"Kami merasa nyaman saat melintas. Jika ada gangguan juga mudah mendapat bantuan. Jika lelah bisa menggunakan pos ketupat untuk beristirahat di pos pelayanan," kata Khaidir, pemudik asal Kota Sumatera Barat saat singgah di Pos Pelayanan Polres Sarolangun.

Usai beristirahat, Kahidir ketika ditanyakan petugas arah tujuannya serta responnya dengan adanya fasilitas beristirahat mengakui agar tahun depan disetiap pos pengamanan dan pelayanan disediakan kopi gratis bagi pemudik. “Kalau boleh tahun depan ada disedikan kopi gratis,” pinta Khaidir sambil tersenyum kepada petugas.

Sementara itu, pantauan media ini, arus mudik dan balik lebaran terlihat lancar hal ini juga dikarenakan adanya Pospam dan Posyan di pinggir jalan yang digunakan pemudik.

Begitu juga di Tebo, berdasarkan pantauan dari Pos Pelayanan (Pospam) di wilayah Sungai Bengkal Tebo Ilir terpantau aman dan lancar. Hal ini dikatakan langsung oleh Kasdim 0416/Bute, Mayor Inf. Widi  Purwoko, SE, Minggu (09/06).

"Alhamdulillah, hasil pantauan di lapangan, H+4 lebaran, arus lalu lintas masih aman dan lancar," kata Widi.

Meski aman dan lancar, kata Kasdim, anggota kodim 0416/Bute melalui anggota Koramil 416-03/Sungai Bengkal bersama personil Polres Tebo tetap melakukan pemantauan hingga beberapa hari ke depan.

"Kita bersinergitas dengan anggota Polri untuk menjaga keamanan para pemudik lebaran hingga balik," kata dia.

Widi mengimbau kepada seluruh pengendara atau pengguna jalan agar berhati-hati dan mengutamakan keselamatan selama dalam perjalanan pulang atau balik lebaran, "Mudah-mudahan arus lalulintas tetap aman dan lancar selama," pungkas dia.

Terpisah, Kapolres Tebo, AKP Zainal Araahman, membenarkan jika pantauan arus balik sejauh ini aman dan lancar. Ini terpantau dari Pos layanan yang ada di wilayah Tebo Ilir dan Tebo Tengah. Menurutnya kehadiran Pospam di tiap, titik untuk membantu para pemudik yang mengalami hambatan selama di perjalanan.

"Kalau ada yang kelelahan di jalan kita bisa membantu menyediakan tempat istirahat," sebutnya.

Intinya lanjut dia, Pospam tetap siaga jelang lebaran dan pasca lebaran. "Anggota kita siaga terus hingga H+7 mendatang," tutupnya.


Penulis: Luncai Hendri/Ade Sukma
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments