Minggu, 21 Juli 2019

Ujian Semester SMA 13 Kota Jambi Digelar Dua Kali


Minggu, 09 Juni 2019 | 21:34:41 WIB


Kepala SMP 13 Kota Jambi Siti Jubaidah
Kepala SMP 13 Kota Jambi Siti Jubaidah / metrojambi.com

JAMBI - Dinas pendidikan (Disdik) telah menetapkan jadwal pelaksanaan ujian semester genap atau ujian kenaikan kelas pada pertengahan Juni. Tapi ada sejumlah sekolah melaksanakan ujian lebih awal sebelum libur lebaran hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Salah satu sekolah yang menggelar ujian sebelum 13 Juni atau di bulan Mei adalah SMA Negeri 13 Kota Jambi. 'Iya kita sudah memulai ujian kenaikan kelas Mei," ungkap Kepala SMA Negeri 13 Kota Jambi Siti Jubaidah belum lama ini.

Namun pihaknya tidak merampungkan keseluruhan ujian di bulan ini, sekolah membagi waktu pelaksanaan ujian menjadi dua kali. Artinya setelah libur lebaran nantinya pihaknya akan melanjutkan mata ujian yang belum diujikan sesuai jadwal pelaksanaan yang sudah ditentukan sebelumnya.

"Setelah lebaran masih ada waktu pengisian nilai raport dan perbaikan nilai siswa," ujarnya.

Menurut Jubaidah, pelaksanaan lebih awal karena dinilai efektif dan kesannya nantinya tidak terburu-buru karena para guru diberi waktu luang untuk menginput nilai siswa ke dalam e-raport seperti tahun sebelumnya. "Takutnya kalau kita tidak diberi waktu guru akan terkendala untuk menginput nilai," jelasnya.

Dikatakannya meski pelaksanaan ujian dilakukan lebih awal, sekolah tetap membagikan raport kenaikan kelas sesuai jadwal dinas yakni bulan Juni  dan akan memulai tahun ajaran pada Juli mendatang.

Ia berharap pelaksanaan ujian dapat berjalan baik dan siswa telah mempersiapkan diri menghadapi dengan belajar di rumah, sehingga selama pengerjaan soal tidak mengalami kesulitan." Materi sejauh ini telah diberikan semua di kelas," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments