Sabtu, 22 Februari 2020

Pemkab Tanjabtim Alokasikan Dana 8 Miliar untuk Pembangunan Sirkuit


Minggu, 09 Juni 2019 | 22:03:31 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MUARASABAK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019 telah menganggarkan dana Rp 8 miliar untuk pembangunan sirkuit bertaraf nasional di Parit Culum, Kecamatan Muara Sabak.

Sirkuit tersebut akan dibangun di atas lahan seluas lebih kurang 22 hektare. Untuk tahun ini, akan dilakukan pengerjaan pengerasan jalan.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Tanjabtim H Raden saat dikonfirmasi mengatakan, terkait pembangunan sirkuit pada tahun ini baru masuk tahapan pengerasan jalan akses.

"Sudah kita anggarkan untuk tahapan pengerasan tahun ini, saat ini proses masih dalam tahap lelang dengan menggunakan anggaran APBD lebih kurang 8 miliar untuk pengerasan jalan menuju sirkuit belum termasuk lintasan," ujarnya.

Dikatakannya lagi, untuk kepastian kapan kegiatan fisik akan berjalan pihaknya belum bisa memastikan. Pasalnya saat ini dalam proses lelang jika cepat maka proses pengerjaan akan segera dilakukan.

"Tapi kalau misalnya proses lelang gugur bahkan tidak berjalan proyek tersebut dapat terancam tertunda," jelasnya.

Sebelumnya, Kabid Pemuda dan Olahraga Dispora Tanjabtim Boy menyebutkan, proses pembangunan memakan waktu yang cukup lama karena akan dilakukan beberapa kali proses pengerasan sebelum diaspal.

"Saat ini baru penimbunan dan pematangan lahan, belum masuk tahap pengerasan. Setelah ditimbun ini kita biarkan dulu, setelah itu baru dilakukan pengerasan dan dibiarkan lagi sambil melihat ada yang kurang atau seperti apa hingga terbentuk badan jalan, baru diuji lab apakah sudah bisa dilakukan pengaspalan," jelas.

Dilanjutkannya, proses pengaspalan lintasan kemungkinan bisa dilakukan di akhir atau pertengahan tahun 2019 mendatang tergantung dari hasil uji lab kondisi tanah.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments