Kamis, 18 Juli 2019

Kembali Terulang, Headline Harian Pagi Metrojambi Edisi Senin 10 Juni 2019

Karcis Objek Wisata Kerinci Naik 5 Kali Lipat, Tim Saber Pungli Dituding Mandul

Senin, 10 Juni 2019 | 10:44:46 WIB


/ istimewa

KERINCI - Seakan sudah menjadi tradisi setiap tahun di Kabupaten Kerinci, Pungutan Liar (Pungli) terjadi di sejumlah objek wisata di Kabupaten Kerinci yang diduga dilakukan oleh oknum pihak ketiga terus terulang.

Objek wisata yang paling menjadi sorotan yakni objek wisata Danau Kerinci, objek wisata Air Terjun Telun Berasap Kayu Aro, dan Aroma Pecco. Bahkan seperti di Danau Kerinci, warga yang hanya ingin melintasi di ruas jalan tepatnya disekitaran Danau Kerinci juga dimintai uang. Kondisi itu serupa seperti tahun-tahun sebelumnya.

Tak tanggung-tanggung, karcis masuk hingga parkir pun bisa naik 5 kali lipat dari karcis yang telah ditetapkan Pemerintah Daerah sebesar Rp 2 ribu untuk anak-anak dan dewasa Rp 4 ribu. Padahal, jauh-jauh hari kondisi itu sudah diantisipasi dan diingatkan pemerintah setempat, tetapi kondisi itu tetap saja terjadi lagi.
Artinya, spanduk yang telah dipasang oleh Pemerintah Daerah di setiap objek wisata Kerinci terkait Perda karcis masuk dan parkir, tidak diindahkan.

Seperti di Danau Kerinci, karcis sesuai Perda hanya Rp 4 ribu bagi orang dewasa, namun sudah ada karcis yang disiapkan Panpel, dengan tarif Rp 6 Ribu per orang dengan bertuliskan untuk hiburan di Danau Kerinci yakni artis ibu Kota Padang dan diiringi Band papan atas kota Padang.

"Meskipun demikian, kami tetap di minta Rp 10 ribu per orang, belum lagi parkir, ini berarti Pungli," ujar salah seorang pengunjung objek wisata Danau Kerinci yang enggan disebut namanya.

Baca selengkapnya di Harian Pagi Metrojambi


Penulis: pia
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments