Minggu, 25 Agustus 2019

Dibantu Dinas PU Sungai Penuh, Warga Kumun Mudik Bersihkan Lumpur Sisa Banjir Bandang


Senin, 10 Juni 2019 | 11:46:46 WIB


Warga Kumun Mudik, Kecamatan Kumun Debai, Kota Sungai Penuh saat membersihkan materil yang terbawa banjir bandang
Warga Kumun Mudik, Kecamatan Kumun Debai, Kota Sungai Penuh saat membersihkan materil yang terbawa banjir bandang / Metrojambi.com

SUNGAIPENUH - Warga Kumun Mudik, Kecamatan Kumun Debai, Kota Sungai Penuh dibantu petugas dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) serta Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kota Sungai Penuh, Senin (10/6/2019) pagi, mulai membersihkan lumpur sisa banjir bandang.

Banjir bandang yang terjadi pada Minggu (9/6/2019) malam sekitar pukul 18.30 WIB, masih menyisakan material lumpur tebal di badan jalan, area pemukiman warga dan masjid.

Dua unit alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum diterjunkan untuk membersihkan sampah dan mengeruk Sungai. Selain itu juga diturunkan satu unit truk untuk mengangkut material lumpur yang masih menumpuk di jalan. Sementara lima unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk membersihkan sisa-sisa lumpur.

"Masyarakat dibantu TNI, Damkar, dan BPBD Kota Sungai Penuh pagi tadi sudah mulai membersihkan material lumpur, sampah, dan kayu besar yang menutupi badan jalan dan rumah warga," kata Fuadi, salah seorang warga Kumun.

Selain membersihkan jalan dan rumah, masyarakat juga bergotong royong membersihkan Masjid Jamik yang juga terendam oleh lumpur.

Fuadi mengatakan banjir bandang kali ini merupakan yang terparah, meski banjir bandang sebelumnya juga membawa lumpur namun ketebalannya tidak seperti kali ini.

"Banjir bandang tadi malam memang paling parah," ujarnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments