Rabu, 26 Juni 2019

Ini Identitas Empat Napi yang Kabur Dari Rutan Sungai Penuh


Senin, 10 Juni 2019 | 21:09:14 WIB


/ kolase metrojambi.com

JAMBI – Empat orang narapidana (napi) sekira pukul 13.00 WIB, Senin (10/6/2019), kabur dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Sungai Penuh. Tiga diantaranya merupakan napi kasus narkotika, sedangkan satu lainnya adalah napi kasus jambret.

Adapun tiga napi kasus narkotika yang kabur yakni Mike Putra Wijaya (36), terpidana 6 tahun 8 bulan. Hukuman Mike baru akan berakhir pada 4 Desember 2024 nanti.

Kemudian Rahmat Dani (24), warga Desa Kumum, Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh, terpidana 5 tahun 6 bulan, dan baru akan bebas 4 Juni 2022 nanti. Selanjutnya Syafrizal (37), warga Bagan Siapi Api, Provinsi Riau, terpidana 9 tahun penjara dan baru akan bebas 2 Maret 2026.

Satu orang lainnya adalah Hemanto Piton (24), terpidana kasus jambret yang dihukum 2 tahun 6 bulan. Seyogyanya, Hermanto baru akan bebas 27 Maret 2021 nanti.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi P Farid saat dikonfirmasi wartawan, membenarkan adanya empat orang napi Rutan Sungai Penuh yang melarikan diri.

“Saya sudah minta disebarkan foto dan identitas mereka, serta berkoordinasi dengan kepolisian. Tim pencarian juga diturunkan,” ujarnya.

Informasinya, keempat napi tersebut kabur dengan cara membobol salah satu tembok yang terhubung dengan saluran air. Saluran air tersebut berada di antara kamar napi di blok 4 dengan ruang dapur.

Dari situ, keempatnya kemudian menuju ke salah satu pos kemudian merusaknya. Usai melakukan pengrusakan ke empat pelaku itu kemudian membuka sejumlah kaca yang ada di pos yang kosong itu. Selanjutnya, keempat napi tersebut turun ke tembok bagian belakang pos dengan menggunakan kain dan sarung yang diduga telah dipersiapkan sebelumnya.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments