Rabu, 26 Juni 2019

Pemkab Tebo Sempurnakan 19 Propemperda


Selasa, 11 Juni 2019 | 21:55:30 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MUARATEBO - Sedikitnya ada 19 usulan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kabupaten Tebo yang bakal dibahas pada tahun ini. Seluruh Propem Perda yang disempurnakan ini merupakan produk eksekutif yang nantinya bakal disahkan oleh pihak legeslatif.

Kabag Hukum Setda Tebo Evi Hanifah menyampaikan, propemperda merupakan pedoman pengendali penyusunan peraturan daerah yang mengikat antara pemerintah daerah dan DPRD untuk membentuk Perda.

Propemperda yang telah disusun dan ditetapkan dengan keputusan DPRD merupakan instrumen perencanaan Perda secara terencana, terpadu dan sistematis.

Ke 19 Propemperda yang prosesnya baru pada pembahasan tersebut kata Evi meliputi, Dinas KB, soal Propemperda 2019, pemenuhan dan penyandang disabilitas, perlindungan perempuan anak korban kekerasan.

Selanjutnya ada penerimaan status badan hukum PDAM jadi perusahaan umum Tirta Muaro, berikutnya ada retribusi tera ulang metrologi, selanjutnya tentang perubahan Perda no 15 THN 2100 retribusi pelayanan pasar.

"Perubahan kedua Perda no 6 THN 2012 tentang retribusi jasa usaha," ucapnya.

Selanjutnya Propemperda tentang Ranperda pelayanan kesehatan di RSUD, Perda tentang perubahan atas Perda Kabupaten Tebo RTRW Kabupaten 2013 dan 2023. Perda pembentukan produk hukum daerah, Perda tentang perubahan atas Perda Pemkab Tebo pelayanan kesehatan pada puskesmas, pedomam pengolahan barang milik daerah.

"Totalnya ada 19 Propemperda, dan saat ini masih dibahas," kata Evi.

"Iya belum sampai ke legalitas. Kalau sudah sempurna baru disampaikan ke DPRD sambil menunggu jadwal sidang," pungkasnya.


Penulis: Ade Sukma
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments