Rabu, 26 Juni 2019

Pelepasan Siswa SD Xaverius 1 Jambi Dimeriahkan Penampilan Pentas Seni


Selasa, 11 Juni 2019 | 22:57:29 WIB


Foto bersama pegawai dan majelis guru SD Xaverius 1 Jambi
Foto bersama pegawai dan majelis guru SD Xaverius 1 Jambi / metrojambi.com

JAMBI – Sekolah Dasar (SD) Xaverius 1 Jambi, Rabu (29/5/2019) lalu, menggelar acara pelepasan siswa-siswi Kelas VI tahun pelajaran 2018/2019.

Pelepasan berlangsung meriah, karena selain diisi dengan acara seremonial, siswa juga menampilkan pentas seni, mulai keahlian bermain gitar, vocal solo dan group atau paduan suara, tari kreasi dan masih banyak lagi persembahan apik yang menghibur undangan.

Kepala SD Xaverius 1 Jambi, Marcellina Murtiningsih Mumpuni mengatakan, kegiatan pelepasan tahun ini mengusung tema kami generas 4.1 atau era digital, mantap melangkah menuju masa depan.

“Artinya manusia memanusiakan manusia. Tentunya manusia yang utuh yang berpendidikan," ujarnya.

Menurutnya, sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Regina Pacis FMM Cabang Jambi ini terus memberikan pelayanan dan fasilitas yang baik bagi peserta didik.

Tujuannya agar siswa yang dididik lebih kreatif, inovatif dan berkembang menuju lebih baik atau kualitas pendidikan meningkat. "Menjadi insan pembelajaran," ungkapnya.

Sekolah juga selalu mengajak belajar lebih kreatif terutama di era digital dan teknologi canggih sekarang ini. “Bagaimana membantu siswa mengembangkan dirinya, baik bidang akademik maupun non akademik serta teknologi. Bukan hanya siswa, guru juga harus terus belajar," jelasnya.

Untuk itu, peserta didik harus dibantu agar aktif di dalam maupun luar kelas, terutama dalam pembelajaran, karena proses tersebut merupakan pembentukan diri agar terus menggali potensi yang dimiliki. "Dan terus belajar memaknai hidup," paparnya.

Sekolah yang berada di kawasan Thehok, Kota Jambi ini juga lebih mengutamakan pendidikan karakter, sehingga di era digital sekarang ini, pengaruh kemajuan teknologi yang dekat dengan anak, sehingga anak harus dibekali pendidikan karakter yang kuat.

Marcellina Murtiningsih Mumpuni juga mengucapkan selamat dan sukses kepada siswa yang dilepas, dan diharapkan dapat melanjutkan pendidikan lebih tinggi.

“Terus belajar dan harus ditingkatkan, sehingga prestasi yang didapat selama di SD Xaverius 1 Jambi semakin berkembang.  Raihlah cita-cita setinggi mungkin," sebutnya.

Direktur Yayasan Regina Pacis FMM Cabang Jambi TK/SD Xaverius 1 Jambi Suster Emiliana S menambahkan, sejatinya setiap anak harus diberikan pendidikan yang baik, sehingga kualitas pendidikan semakin baik dan berkembang.

"Sebenarnya, tidak ada anak yang bodoh, tetapi anak harus didorong punya kemauan bekerja keras untuk menjadi pintar," terangnya.

Ia menilai, anak-anak generasi era digital saat ini di masa yang akan datang menjadi tokoh atau pemimpin bangsa, sehingga sekolah harus menyiapkan sajak dini demi pendidikan yang lebih baik. "Tentuanya fasilitas pendidikan kita siapkan dengan baik," katanya.

Sementara itu, Ketua Pelepasan SD Xaverius 1 Alb. Agus Irianto menyebutkan, kegiatan ini merupakan program sekolah yang diadakan setiap tahun setelah enam tahun lalu orangtua mengantar anaknya untuk di didik di SD Xaverius 1 Jambi.

"Saat ini seluruh anak-anak kita kembalikan kepada orangtua untuk melanjutkan sekolah ke jenjang SMP," ujarnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments