Selasa, 17 September 2019

Kaburnya 4 Napi Rutan Sungai Penuh Diduga Karena Kelalaian Petugas


Rabu, 12 Juni 2019 | 14:02:25 WIB


Rutan Klas IIB Sungai Penuh
Rutan Klas IIB Sungai Penuh / Metrojambi.com

KERINCI - Kaburnya empat narapidana (Napi) dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Sungai Penuh, Senin (10/6/2019) lalu, diduga kuat karena adanya kelalaian petugas.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jambi Agus Nugroho Yusuf saat dikonfirmasi sejumlah wartawan mengatakan, pihaknya telah melalukan pemeriksaan terhadap petugas piket saat napi kabur.

“Iya, ada petugas sudah kita BAP. Sanksinya kita lihat aturanya dulu,” kata Agus saat pers realese di Rutan Sungai Penuh, Rabu (12/6/2019).

Agus menambahkan, jika terbukti adanya petugas yang terbukti sengkongkol dan terbukti melakukan pelanggaran sesuai PP 53 Disiplin, bisa dilakukan pemberhentian hormat dan tidak hormat.

“Ada sanksi ringan dan berat, tergantung pengembangan pemeriksaan nanti,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, saat ini pihak Kemenkumham Provinsi Jambi bersama Polres Kerinci serta Kodim masih melakukan pengejaran terhadap empat narapidana yang melarikan diri dari Rumah Tahanan (Rutan) Sungaipenuh beberapa hari yang lalu.

"Kita memprediksi keempat Napi yang Kabur tersebut masih berada diseputaran Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh," ungkapnya.

Bahkan pihak Rutan sudah menyebarkan foto tahanan yang kabur. Pihak Rutan menghimbau agar masyarakat yang mendapati atau mengetahui agar melaporkan ke pihak kepolisan.

“Sudah kita sebarkan foto dan identitas tahanan kabur. Pihak kepolisian juga membantu melakukan pencarian,” kata Pjs Kepala Rutan Sungai Penuh, Farid Wajdi.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments