Selasa, 17 September 2019

Kontribusi PAD Pasar Sudah 40 Persen


Rabu, 12 Juni 2019 | 20:46:10 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MUARATEBO – Perbaikan pasar di sejumlah daerah se-Provinsi Jambi terus dilakukan. Tujuannya, agar masyarakat dapat berbelanja dengan nyaman, dan pasar semakin enak dipandang. Tak hanya itu, kontribusi pasar dari retribusi juga menjadi harapan pemerintah untuk mendapat pundi-pundi pemasukan.

Di Tebo, pendapatan retribusi dari sektor pasar di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Tebo sudah hampir terealisasi separuhnya. Hingga Juni 2019 ini progres retribusi pasar yang ada di Kabupaten Tebo sudah mencapai 40 persen.  

Kabid Pasar Dinas Perindag Tebo, Edi Sofyan kepada media ini kemarin mengatakan, peningkatan pendapatan pasar ini tidak lepas dari upaya dan kerja keras tim dalam menertibkan sejumlah pasar yang ada di Tebo.

Penertiban pasar dengan mendata kios, lapak dan ruko dimaksudkan untuk melihat seperti apa aset pasar milik Pemkab yang sudah dikelola. "Kemarin sebelum lebaran kita ke Pasar Rimbo. Janjinya habis lebaran mereka bakal gabung dengan kita (pemkab,red)," sebut Edi.

Kendati peningkatan pendapatan retribusi pasar di Tebo sudah baik, Edi belum cukup puas. Pasalnya tahun ini, Pemkab bakal membangun sarana dan prasarana penunjang di tiap pasar.

"Untuk tahun ini kita dapat DAK dari pusat bangun pasar di dua lokasi, yakni Bangun Setanten Muara Tabir dan Pasar Rimbo Ilit," kata Edi.

Untuk itu, Edi berharap dengan penambahan sarana penunjang pasar, masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan layanan yang maksimal. Pihaknya tentu memiliki komitmen untuk terus meningkatkan layanan dan sarana pasar di Tebo.

"Mudah-mudahan pasar kita terus berbenah, biar pendapatan retribusi terus meningkat. Tentu dengan begitu PAD yang diterima daerah semakin besar pasar semakin bagus," tutupnya.


Penulis: Ade Sukma
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments