Selasa, 20 Agustus 2019

Empat SMA di Jambi Ditunjuk Jadi Sekolah KWU


Rabu, 12 Juni 2019 | 20:55:14 WIB


Abdul Mukti
Abdul Mukti / dok.metrojambi.com

JAMBI - Memasuki tahun ketiga Program Kewirausahaan KWU) di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Provinsi Jambi, setiap program yang setiap tahunnya mengalami peningkatan, sekolah harus berinovasi sesuai kebutuhan dan peluang di wilayah tersebut.

Kabid Pembinaan SMA Disdik Provinsi Jambi Abdul Mukti menyebutkan, pihaknya beberapa waktu lalu menerima surat dari Direktorat Pendidikan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  RI terkait SMA yang ditunjuk menjadi sekolah kewirausahaan.

"Di Jambi ada 4 sekolah KWU yakni, SMA 11 Kota Jambi, SMA 2 Tanjab Timur, SMA 1 Bungo, dan SMA 18 Tebo," ujarnya, Rabu (12/6/2019).

Keempat SMA yang ditugaskan menjadi sekolah KWU ini, diharapkan mampu memunculkan inovasi yang membedakan dengan sekolah lain atau sekolah SMK, terutama dalam mengelola bisnis yang menjadi keunggulan daerah tersebut menjadi peluang bisnis menjanjikan.

Karena, di samping akademika, siswa yang menimba pendidikan di SMA tersebut juga harus mampu memberikan jiwa interprenuership. "Sekolah harus bias memunculkan jiwa kewirausahaan kepada peserta didik," katanya.

Potensi daerah setempat juga harus diketahui, sehingga siswa dapat belajar dan mengembangkan keunggulan wilayah tersebut dan dapat mengelolanya dengan baik.

"Seperti sekolah di wilayah pesisir, siswa harus mampu mengelola hasil ikan, begitu halnya di wilayah perkebunan ataupun perkotaan dan industri," ungkapnya.

Mukti berharap, setiap sekolah yang ditunjuk menjadi sekolah KWU mampu mengembangkan potensi wilayah terutama keunggulan daerah tersebut.

Sebab, selama ini kewirausaan hanya dilihat dan dikembangkan dalam satu sisi, sedangkan sisi perkembangannya tidak disentuh dengan baik.

"Bukan hanya bias mengelola lahan, tetapi siswa harus bias juga memproduksi dari lahan yang dikelola," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments