Jumat, 6 Desember 2019

KGS Jambi Lakukan Pertukaran Siswa dan Guru dengan Sekolah Luar Negeri


Kamis, 13 Juni 2019 | 20:59:29 WIB


Penandatanganan kerjasama pertukaran pelajar KGS Jambi dengan sekolah luar negeri
Penandatanganan kerjasama pertukaran pelajar KGS Jambi dengan sekolah luar negeri / metrojambi.com

JAMBI – Yayasan Kanaan Global School (KGS) tengah akan mengirimkan siswa dan guru untuk mengikuti pertukaran pelajar dengan beberapa sekolah di luar negeri. Pengiriman ini sebagai implementasi kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan berbagai lembaga dan perguruan tinggi dengan berbagai negara lain.

Wakil Direktur KGS Jambi Yustanti Limardi menyebutkan, sebagai bentuk implementasi kerjasama ini, pihaknya direncanakan menjadi tuan rumah untuk pertukaran kebudayaan.

"KGS Jambi akan menjadi fasilitas untuk menampilkan kebudayaan tersebut," ujarnya Kamis (13/6/2019).

Yustanti mengatakan, melalui kerjasama ini, lembaga pendidikan dan perguruan dari berbagai negara yang telah menjalin kerjasama bisa mengetahui lebih dalam kebudayaan di Indonesia, terutama yang dimiliki Provinsi Jambi, baik dari tempat wisata, tarian, rumah adat, kesenian, hingga makanan yang menjadi daya tarik wisatawan asing untuk datang ke Jambi.

"Jika negara luar sudah tahu, ke depan kebudayaan kita bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat di luar negeri," imbuhnya.

Di samping itu, pihaknya juga berupaya meningkatkan kompetensi dan daya saing pelajar KGS Jambi untuk belajar lebih dalam mengenai pengetahuan dan pendidikan di luar negeri.

Makanya KGS Jambi akan melakukan pertukaran pelajar ke berbagai negara. Utusan ini akan mengikuti pendidikan selama beberapa waktu, agar mereka mendapat pengalaman lebih dibanding siswa yang tidak mengikuti. "Baik pendidikan secara langsung di lapangan ataupun secara online," jelasnya.

Tenaga guru yang akan dikirim juga dibekali pelatihan dan pendidikan untuk meningkatkan kompetensi dan SDM dalam mengajar. Sehingga bukan hanya siswa yang mendapatkan ilmu dan pengalaman, tapi para guru KGS Jambi juga. "Apalagi KGS Jambi tergabung dalam sekolah SPK," ungkapnya.

Jelang terlaksananya kerjasama ini, saat KGS Jambi tengah melakukan koordinasi dan konsultasi dengan pihak terkait seperti Disdik Kota dan provinsi untuk mendapatkan masukan positif dan membangun. "Kita butuh ide dan masukan yang dapat mengembangkan kebudayaan kita," katanya.

Adapun negara yang menjalin kerjasama dengan KGS Jambi diantaranya Inggris, Thailand, Korea, China, Philipina, dan rencananya Jepang juga akan diundang dan saat ini tengah digodok pembahasannya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments